Wednesday, 24 Jul 2019
Temukan Kami di :
Kesehatan

Kartu Ini Wajib Dibawa Saat Akan Melakukan Perjalanan Mudik

Indah Pratiwi - 29/06/2016 14:55 Ilustrasi

Beritacenter.COM - Masyarakat peserta Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) yang sedang mudik diimbau untuk selalu membawa kartu Indonesia Sehat (KIS),kartu BPJS, Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat/KJS, dan kartu Jamkesmas.

"Sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta dalam hal penjaminan pelayanan kesehatan menjelang hari raya Idul fitri tahun 2016," kata Kepala Cabang BPJS Wilayah Maluku, Rahmad Asri Ritonga di Ambon, Rabu(29/6).

Dia mengatakan, BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanannya.

Karena itu para peserta BPJS Kesehatan yang sedang mudik lebaran tahun ini, dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih ringkas.

"Oleh karenanya para peserta BPJS Kesehatan yang mudik diimbau untuk selalu membawa kartu Indonesia Sehat (KIS),kartu BPJS, Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat/KJS, dan kartu Jamkesmas," katanya.

Jadi para peserta yang mudik dapat berobat diluar wilayah, lanjutnya, tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.

"Untuk prosedurnya, para peserta BPJS Kesehatan dapat langsung mengunjungi IGD rumah sakit terdekat yang ditunjuk oleh Kantor Cabang," ujarnya.

Dia menjelaskan, pemangkasan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak H-7 sampai dengan H+7 lebaran.

Dengan diterapkannya tersebut peserta BPJS Kesehatan yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai pada tempat tinggal atau tempat tujuannya tidak harus melapor ke kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat, kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan.

"Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi para peserta BPJS Kesehatan yang berstatus aktif, karena itu mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif," ujarnya.

Selama peserta BPJS Kesehatan mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik biaya dari peserta.

Dia menambahkan, untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan yang diperlukan,BPJS Kesehatan telah menyediakan nomor kontak yang dapat dihubungi 24 jam oleh peserta di Maluku.

Di Maluku terdapat 23 rumah sakit yang sudah siap melayani para mudik lebaran tahun 2016. Budi Suyanto



Berita Lainnya

Begini Cara Ampuh Besarkan Payudara

24/07/2019 01:14 - Fani Fadillah
Kemukakan Pendapat


BOLA