Thursday, 14 Nov 2019
Temukan Kami di :
Nasional

Kasus La Nyalla Tidak Ada Kaitannya Dengan Ketua MA

Aisyah Isyana - 26/05/2016 21:48 La Nyalla Mattalitti

Beritacenter.COM - Juru bicara Mahkamah Agung (MA) Suhadi menyatakan MA tidak ikut campur dalam putusan gugatan praperadilan yang diajukan pihak tersangka korupsi La Nyalla Mattalitti. Menurut dia, hal itu merupakan kewenangan Pengadilan Negeri Surabaya hal ini sebagaimana ditulis oleh laman mediaindonesia.

“MA tidak ikut campur,” cetus Suhadi ketika ditemui di Gedung MA, Jakarta, kemarin. Ia pun enggan menanggapi isu kedekatan antara La Nyalla dan Ketua MA Hatta Ali.

Gugatan praperadilan La Nyalla untuk kedua kalinya dimenangkan hakim tunggal yang memimpin persidangan di Pengadilan Negeri Surabaya pada Senin (23/5). Pihak Kejaksaan Tinggi Jawa Timur menyikapinya dengan menyiapkan surat perintah penyidikan (sprindik) baru.

Sebelumnya, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur Maruli Hutagalung menduga ada campur tangan pihak lain yang menghendaki kasus sangkaan korupsi yang melibatkan Ketua Umum PSSI tersebut segera dihentikan. Hal itu membuat penyelesaian perkara terhambat.

“Yang jelas ada dukungan, pesanan, dari Jakarta. Saya tidak tahu siapa yang memesan itu,” ujar Maruli.

Terkait hal itu, Komisi Yudisial (KY) menjanjikan akan menindak­lanjuti bila ada laporan tentang dugaan pelanggaran kode etik hakim dalam sidang gugatan praperadilan yang diajukan La Nyalla. “Pada prinsipnya akan ada proses untuk laporan tersebut,” terang Komisioner KY Farid Wajdi melalui sambungan telepon, kemarin.

Farid mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan dalam proses kedua persidangan praperadilan, KY belum menemukan indikasi pelanggaran kode etik hakim.

Lebih lanjut, dalam menanggapi tudingan adanya intervensi Mahkamah Agung (MA) terhadap sidang praperadilan lantaran La Nyalla memiliki hubungan kekerabatan dengan Ketua MA Hatta Ali, Farid enggan berkomentar lebih jauh. “KY tidak bisa bekerja hanya atas dasar asumsi, perlu cukup bukti.”

La Nyalla yang berstatus buron diyakini masih bersembunyi di Singapura. Jaksa Agung HM Prasetyo mengatakan pihaknya masih mencari tahu identitas kurir yang mengantarkan pasokan uang biaya hidup untuk La Nyalla.

Prasetyo melanjutkan, rekening La Nyalla sudah diblokir. Namun, La Nyalla bisa nyaman hidup sebagai buron lantaran adanya kurir itu. “Dia kan banyak duit jadi bisa tinggal di situ,” ucapnya.



Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA