Friday, 22 Jun 2018
Temukan Kami di :
Peristiwa

Hina Organisasi, Ratusan HMI Ricuh di Depan KPK

Abe --- - 09/05/2016 15:44 Aksi massa HMI di depan Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Senin (9/5/2016) yang berujung ricuh

Beritacenter.COM - Ratusan kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), untuk menuntut Saut Situmorang mundur dari KPK, dan di seret ke pengadilan terkait penghinaan terhadap organisasi tersebut, Jakarta, Senin (9/5).

Tidak lama aksi berlangsung, massa aksi melakukan lempar batu ke arah gedung KPK, dan membakar ban tepat di Jalan HR Rasuna Sahid depan Gedung KPK.

Aksi kejar-kejaranpun berlangsung dengan petugas keamanan, dan gas air mata ditembakkan ke arah masa aksi oleh petugas kepolisian untuk membubarkannya massa.

Terlihat Massa aksi HMI sangat marah dengan pernyataan Wakil Ketua KPK saat diskusi di salah satu televisi swasta yang membuat HMI tersinggung.

Selain di Jakarta, Kader HMI diberbagai daerah siang tadi serentak melakukan aksi ke Polda masing untuk melaporkan Saut Situmorang terkait penistaan HMI oleh Saut.

Seperti di Surabaya, Jajaran Kahmi melakukan tanda tangan diatas kertas putih, menuntuk Saut mundur dari KPK dan segera polisi menangkapnya.

Selain itu, HMI cantik Cabang bengkulu juga melakukan unjuk rasa untuk menanggapi pernyataan Wakil Ketua KPK tersebut.

Pernyataan Saut Situmorang, benar-benar membakar amarah kader HMI seluruh Indonesia. HMI akan menurunkan saut Situmorang penghina HMI di publik yang langsung di tonton ribuan orang di Indonesia.

Sebelumnya, Saut meminta maaf kepada Pengurus Besar HMI dan Korps Alumi HMI (KAHMI).

"Saya mohon maaf atas pernyataan saya. Sekali lagi, saya mohon maaf atas pernyataan saya," kata Saut saat jumpa pers.

Saut mengaku tidak bermaksud menyinggung HMI maupun lembaga lainnya. Ia merasa ada kesalahpahaman atau persepsi.

Untuk itu, KPK akan melakukan pertemuan dengan pimpinan HMI untuk menyelesaikan masalah tersebut. Diharapkan, ke depannya, HMI bisa menjadi mitra KPK dalam pemberantasan korupsi.

"Kami (KPK) percaya, HMI sebagai salah satu pergerakan aktivis di Indonesia bisa menjadi mitra dalam upaya pemberantasan korupsi," ucap dia.

Dalam diskusi di salah satu televisi swasta, Saud mengatakan," ... karakter integritas bangsa ini sangat rapuh. Orang yang baik di negara ini jadi jahat ketika dia sudah menjabat. Lihat saja tokoh-tokoh politik, itu orang-orang pintar, orang-orang cerdas..."

"Saya selalu bilang, kalau di HMI dia minimal ikut LK 1. Lulus itu dia anak-anak mahasiswa, pintar. Tetapi, begitu jadi menjabat, dia jadi jahat, curang, ini karena apa? Karena saya bilang sistem belum jalan. Artinya apa? Adapun peraturan-peraturan itu tidak pernah kita jalankan...," kata dia.

 



Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA