Friday, 20 Jul 2018
Temukan Kami di :
Kriminal

Salah Visa, 7 Warga Jepang Dideportasi

Abe --- - 01/03/2016 12:36

Beritacenter.COM - Tujuh warga Jepang dideportasi dari Riau untuk selanjutnya dipulangkan ke negeri tersebut karena kedapatan menyalahgunakan visa turis untuk keperluan bekerja.

"Hari ini kita deportasi mereka. Kita langsung tetapkan cap merah yang artinya mereka tidak dapat kembali lagi ke Indonesia sampai kapanpun," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Riau Ferdinan Siagian di Pekanbaru, Selasa (1/3).

Ia mengatakan ketujuh warga "Negeri Matahari Terbit" yang diketahui bernama Asani Akino, Inoue Akinara, IIDA Sosumo, Ito Koyosei, Suzukui Kenichiro, dan Kobayashi Misayo akan langsung diterbangkan ke negara asalnya Selasa malam.

Dia mengatakan pada pukul 11.00 WIB mereka diterbangkan ke Jakarta sementara pada pukul 21.00 WIB akan langsung ke Jepang menggunakan pesawat Air Nippon Airways.

Pertimbangan pihaknya menetapkan cap merah itu karena kesalahan ketujuh warga Jepang tersebut cukup fatal.

"Mereka menggunakan visa kunjungan untuk bekerja di Siak. Sementara mereka tidak kooperatif," ujarnya.

Apalagi, katanya, mereka dibawa oleh perusahaan besar sekelas Panasonic yang seharusnya memahami aturan yang berlaku di negara ini.

Selain mendeportasi tujuh warga Jepang itu, pihaknya juga telah memberikan teguran keras kepada Panasonic lantaran memperuntukkan visa kunjungan untuk bekerja.

"Mereka yang membawa, mereka yang bertanggung jawab. Kita sudah memberikan teguran kepada mereka," katanya.

Sebelumnya, tujuh warga Jepang diamankan oleh pihak Imigrasi Kabupaten Siak karena kedapatan menggunakan visa kunjungan untuk bekerja.

Mereka diamankan saat mendokumentasikan "solar cell" yang dipasang di salah satu mesin anjungan tunai milik Bank BRI di Kabupaten Siak.

Dari pemeriksaan, diketahui bahwa mereka terikat kontrak kerja antara BRI dengan Panasonic untuk pemasangan "solar cell".



Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA