Tuesday, 27 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Politik

TKN Puji Ganjar Makan Bareng Pendukung 02 di Balikpapan : Simbol Kedewasaan Demokrasi

Aisyah Isyana - 07/02/2024 14:25

Beritacenter.COM - Wakil Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Saleh Partaonan Daulay, memuji capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo, yang mengajak pendukung Prabowo untuk makan bersama dalam kunjungannya di Balikpapan, Kalimantan Timur. Saleh menilai, sikap Ganjar itu sebagai bentuk kedewasaan dalam berdemokrasi.

"Saya mengapresiasi tindakan Ganjar tersebut. Ini adalah simbol kedewasaan berdemokrasi. Perbedaan pandangan dan pilihan politik tidak mesti disikapi dengan marah. Semua harus tertib, tenang, nyaman, dan menggembirakan," ujar Saleh kepada wartawan, Rabu (7/2/2024).

Menurutnya, sikap Ganjar ini dapat menjadi teladan bagi semua pihak. Saleh menilai, teladan yang ditampilkan Ganjar ini akan dicontohkan para pendukung dan anggota masyarakat lainnya.

"Tindakan seperti ini mesti dilakukan di semua tempat. Tidak hanya di Balikpapan, tetapi juga di seluruh Indonesia. Saya yakin, teladan yang ditampilkan akan dicontoh para pendukung dan anggota masyarakat," kata Saleh.

"Kalau di TKN, kami sudah lama mengajak agar pemilu dilaksanakan secara damai. Kalau pun ada yang tidak suka, menyebar hoaks, dan fitnah, kami dianjurkan untuk sabar. Tidak membalas dan tidak bereaksi negatif," sambungnya.

Saleh menyebut gelaran Pemilu hanya tinggal menghitung hari, dan sudah semestinya semua pihak untuk mengawal proses pemilu secara damai. Dia menilai, hal itu harus dimulai dari masing-masing pasangan colon, agar nantinya diikuti para pendukungnya.

"Harus dimulai dari paslon. Paslon harus menyampaikan narasi dan orasi secara santun. Tidak menyindir, menyinggung, apalagi menebar kata tidak baik. Ini kuncinya. Mudah disebut, tapi kadang sulit dilaksanakan," katanya.

Sekedar diketahui, momen Ganjar bertemu dengan pendukung paslon 02 ini terjadi saat hendak ke rumah makan Terumbu Sultra, Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (6/2/2024). Hal itu terjadi saat pendukung Prabowo membentangkan spanduk Prabowo-Gibran saat Ganjar hendak melewati rumah makan tersebut.

Mendapati hal itu, Ganjar pun langsung menghampiri para pendukung Prabowo-Gibran tersebut. Saat didatangi Ganjar, dua orang laki-laki itu tampak malu dan langsung menutup spanduk Prabowo-Gibran, dan langsung dicegah oleh Ganjar.

"Jangan ditutup. Nanti dimarahin loh," ujar Ganjar.

Alhasil, para pendukung itu langsung membentangkan kembali spanduk Prabowo-Gibran. Pada kesempatan itu, Ganjar turut berterimakasih kepada mereka yang telah menyambutnya.

"Terima kasih yang telah menyambut yah," tutur Ganjar sembari tersenyum.

"Iya, Pak," jawab mereka.

Selanjutnya, Ganjar pun kemudian mengajak mereka untuk makan bersama. Ganjar turut menyoroti soal perbedaan pilihan yang harus dihormati.

"Inilah pesan damai, dan tidak marah-marah, yah. Yuk ikut makan yuk. Nggak dimarahin Pak Prabowo kok. Nanti kalau dimarahin, aku yang belain. Makan yuk, makan," kata Ganjar kepada mereka.

Hanya saja, dari beberapa pendukung itu, hanya Putra saja yang mau diajak makan bersama. Saat itu, Putra mengaku sempat kaget diajak makan bersama oleh Ganjar.

"Tidak nyangka, kirain kan cuma 'say hi' aja gitu," ujarnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA