Monday, 26 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Politik

Bertemu Nelayan di Pandeglang, Siti Atikoh Beberkan Manfaat KTP Sakti Ganjar-Mahfud

Aisyah Isyana - 07/02/2024 13:12

Beritacenter.COM - Istri capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh, menyebut program KTP Sakti Ganjar-Mahfud dapat digunakan guna memenuhi kebutuhan nelayan akan solar subsidi. Atikoh menyebut akses untuk membantu nelayan dalam mencari penghidupan dengan melaut akan semakin mudah dengan menggunakan KTP Sakti.

"KTP Sakti itu satu KTP bisa dipakai untuk apapun, karena di situ kan sudah ada pekerjaannya apa, dan sebagainya dan datanya itu nanti terintegrasi sehingga harapannya nanti nelayan seperti yang lain ketika mau mengakses manfaat dalam hal ini manfaatnya adalah solar bersubsidi, cukup menunjukkan KTP-nya," kata istri dari Ganjar Pranowo itu saat mendengar keluhan dari istri nelayan Labuan Pandeglang, Rabu (7/2/2024).

Atikoh menyebut akses solar subisidi untuk nelayan kerap dicari celahnya oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Terlebih, harga antara yang bersubsidi dan tidak terpaut cukup mahal. Hal ini juga terjadi pada akses pupuk subsidi yang mestinya mudah untuk para petani.

"Jadi kalau datanya benar-bener valid, benar-bener ril ini betul-betul akan lebih mempermudah. Di situ ada nelayan yang seperti apa nanti tinggal menunjukkan kartu itu," terang Atikoh.

Selain itu, Atikoh menyebut para ibu rumah tangga juga harus pintar-pintar dalam memahami potensi untuk usaha. Berbekal pengalaman saat mendampingi Ganjar sebagai Gubernur Jateng, Atikoh meminta oara nelayan agar memami betul soal pembukuan keuangan pada usaha mereka.

"Jadi begitu punya uang, harusnya ada manajemennya, bagaimana ibu-ibu dilatih dari sisi pembukuan keluarga," ujarnya.

Lebih lanjut, Atikoh mencontohkan soal bagaimana mengatur keuangan untuk harian dan mingguan. Dia menyebut, kebutuhan itu harus dibagi, termasuk untuk menabung di dalam keluarga.

"Kadang kebutuhannya bertambah tetapi kalau ada kedisiplinan kita terhadap itu insya Allah akan lebih mempermudah. Ibu-ibunya perlu diajari untuk manajemen keuangan," paparnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA