Tuesday, 27 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Internasional

Menlu Retno : Indonesia Desak Israel Patuhi Putusan ICJ Terkait Gaza

Aisyah Isyana - 29/01/2024 23:32

Beritacenter.COM - International Court Of Justice (ICJ) atau Mahkamah Internasional telah mengularkan putusan yang memerintahkan Israel untuk mencegah genosida di Gaza, Palestina. Indonesia turut menyampaikan sikapnya tas putusan ICI di forum iternasional tersebut.

Menlu RI, Retno Marsudi, menyampaikan hal itu dalam pertemuan retreat para Menlu ASEAN (AMM Retreat) pada 29 Januari di Luang Prabang, Laos. Menlu Retno dengan menegaskan jika Indonesia sangat prihati atas situasi yang kian memburuk di Gaza, Palestina.

"Indonesia juga sangat prihatin melihat memburuknya situasi di Gaza. Indonesia juga melihat beberapa negara dunia menganut double standard untuk menyikapi situasi Gaza," kata Retno seperti dalam keterangan tertulis, Senin (29/1/2024).

Retno menegaskan jika setiap manusia memiliki hak untuk dihormati. Menurutnya, keputusan ICI itu merupakan cerminan sikap bahwa tak ada negara yang berada diatas hukum.

"Indonesia menekankan setiap manusia memiliki hak untuk dihormati yang sama, termasuk bangsa Palestina. Dan Indonesia menyampaikan kita mencermati dari dekat keputusan ICJ atas kasus yang dibawa oleh Afrika Selatan. Keputusan ICJ mencerminkan sikap bahwa tidak ada satupun negara yang berada di atas hukum," tegas Retno.

Pada kesempatan itu, Retno menyebut Indonesia menyayangkan penghentian bantuan keuangan untuk agensi PBB pemulihan pengusi Palestina (United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East/UNRWA). Adapun bantuan untuk UNRWA itu dihentikan lantaran ada stafnya yang diduga bekerja sama dengan Hamas. Dalam hal ini, Retno menyebut Indonesia mendesak untuk dilakukan investigasi terbuka.

"Indonesia menyayangkan ditangguhkannya dukungan keuangan kepada UNRWA oleh beberapa negara donor, di saat para pengungsi Palestina sangat memerlukan bantuan. Investigasi yang terbuka, transparan serta kredibel terhadap tuduhan keterlibatan beberapa pegawai UNRWA perlu dilakukan, namun penundaan dukungan keuangan terhadap UNRWA merupakan 'collective punishment' terhadap pengungsi Palestina," tuturnya.

Selain itu, Indonesia juga mendorong agar kekerasan di Gaza dapat segera dihentikan. Tak hanya itu, Indonesia juga meminta agar Israel mematuhi keputusan ICJ terkait Gaza.

"Dan juga keprihatinan dan seruan penghentian kekerasan dan immediate ceasefire di Gaza, mengutuk keras aksi kekerasan terhadap rakyat sipil, dukungan terhadap two-state solution dan mendesak Israel mematuhi keputusan ICJ terkait Gaza," ungkapnya.




Berita Lainnya

Israel Layak Disebut Negara Teroris, Ini Alasannya !

15/12/2023 23:59 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA