Monday, 26 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Kesehatan

Inilah 5 Bahaya Kesehatan Konsumsi Mie Instan Terlalu Sering

Rahman Hasibuan - 09/01/2024 16:46


Beritacenter.COM - Mie instan merupakan makanan yang banyak dijumpai oleh masyarakat. Namun, mengkonsumsi mie instan terlalu sering akan menimbulkan resiko bagi kesehatan.

Kendati demikian, tak sedikit orang yang mengabaikan bahaya makan mie instan untuk kesehatan jika terlalu sering dikonsumsi.

Kandungan mie instan sendiri berasal dari bahan seperti garam dan monosodium glutamat (MSG) yang akan menimbulkan masalah kesehatan jika tidak dibatasi.

Dibalik kelezatan mie instan, ketahui terlebih dahulu bahayanya untuk kesehatan apabila terlalu sering dikonsumsi.

1. Menyebabkan Obesitas

Bahaya mengkonsumsi mie instan jika terlalu sering, yakni dapat menyebabkan obesitas. Hal ini disebabkan karena mie instan terbuat dari tepung terigu dengan kandungan kalori yang cukup tinggi.

Ditambah banyak orang mengkonsumsi mie instan dengan nasi, sehingga membuat kelebihan kalori dan karbohidrat yang dapat memicu obesitas.

2. Menyebabkan Gangguan Pencernaan

Mie instan merupakan jenis makanan yang tidak mudah dicerna, sehingga membuat sistem pencernaan menjadi lebih berat. Oleh karenanya, mengkonsumsi mie instan terlalu sering akan beresiko pada gangguan saluran pencernaan.

Hal ini karena mie instan mengandung serat dan nutrisi yang rendah, sehingga dapat meningkatkan resiko pencernaan Anda hingga terjadi sembelit.

3. Menyebabkan Diabetes

Kemudian, terlalu sering mengkonsumsi mie instan dapat menyebabkan diabetes. Kandungan karbohidrat dalam seporsi mie yang tergolong tinggi dapat menyebabkan penumpukan lemak di bagian perut yang bisa picu sindrom metabolik.

Salah satu faktor pemicu sindrom metabolik adalah obesitas di bagian perut. Obesitas tadi erat kaitannya dengan kalori mie instan yang tinggi.

4. Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Bumbu yang digunakan di dalam mie instan biasanya memiliki kandungan garam atau natrium yang tinggi. Di dalam satu kemasan mie instan terkadnung sekitar 890 mg natrium.

Kebanyakan makan garam dari kandungan mie instan dapat membuat peningkatan volume darah yang membuat pembuluh darah bekerja lebih keras sehingga bisa menimbulkan hipertensi.

5. Memicu Kanker

Mi instan memiliki bahan pengawet agar bisa disimpan lebih lama sebelum mengonsumsinya. Bahaya mie instan memberi tekanan pada sistem pencernaan, memaksanya untuk mencerna mie yang sudah diproses selama berjam-jam.

Bahan kimia yang terkandung di dalam mie instan memiliki sifat karsinogenik yang dapat memicu sel-sel kanker.

Demikian informasi bahaya makan mie instan untuk kesehatan apabila terlalu sering dikonsumsi. Jika Anda ingin mengkonsumsi mie instan sebaiknya siasatilah dengan sayur atau topping lainnya yang sehat.

 




Berita Lainnya

5 Tips Ampuh Kelola Pikiran AGar Tidak Stres

18/12/2023 14:00 - Rahman Hasibuan

Mudah ! Ini Cara Bersihkan Ketombe Basah dan Kering

12/12/2023 00:10 - Baharuddin Kamal

5 Cara Mudah Mengatasi Kecanduan Gadget

11/12/2023 14:21 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA