Tuesday, 27 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Kesehatan

Jarang Orang Tahu, 4 Manfaat Melamun untuk Kesehatan

Rahman Hasibuan - 27/12/2023 21:27


Beritacenter.COM - Banyak orang yang beranggapan bahwa, melamun merupakan salah satu hal yang kurang bermanfaat. Namun, anggapan itu tidak sepenuhnya benar karena melamun ternyata juga bisa meningkatkan kesehatan mental.

Apabila Anda masih berpikiran melamun hanya membuang-buang waktu, sebaiknya Anda perlu menyimak beberapa manfaatnya dalam artikel ini. Siapa tau dapat membantu mengatasi kesehatan mentalmu.

Saat melamun, seseorang akan terlihat seperti termenung dengan khayalan dan imajinasinya sehingga tidak fokus dengan keadaan sekitar.

Meski terlihat tidak bermanfaat, dengan memahami apa itu melamun dan manfaatnya untuk kesehatan dapat membantu Anda menjaga pikiran.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat melamun yang wajib Anda ketahui untuk mengistirahatkan otak setelah melakukan aktivitas cukup padat.

1. Mengurangi Stres dan Cemas

Melamun adalah salah satu bentuk mengistirahatkan otak. Manfaat melamun sendiri dapat mengurangi stres dan kecemasan bagi seseorang.

Sebab, saat melamum tekanan darah akan menurun. Hal tersebut akan membuat diri Anda lebih tenang terhadap masalah yang sedang dihadapi.

2. Mengingkatkan Produktivitas

Kemudian, manfaat melamun lainnya yakni, mengingkatkan produtivitas. Dengan melamun Anda dapat meningkatkan kerja memori yang memungkinkan pikiran lebih jernih.

Dengan kata lain, melamun dianggap memiliki efek positif dan stimulan pada kinerja tugas seseorang sehingga dapat membantu menyelesaikan permasalahan.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Melamun bukan sekedar pelarian kecil tetapi membebaskan pikiran agar menyegarkan pikiran. Oleh karena itu, melamun dianggap dapat membantu mempertahankan dan mengingat suatu ingatan.

Membiarkan pikiran melamun juga dapat membantu memecahkan masalah ketika memusatkan perhatian pada masalah tersebut tidak berhasil.

4. Meningkatkan Kreativitas

Ketika melamun, pikiran dapat menjelajah ke berbagai bagian otak dan mengumpulkan berbagai informasi yang dapat saling dihubungkan. Informasi-informasi ini yang kemudian muncul sebagai sebuah ide kreatif.




Berita Lainnya

5 Tips Ampuh Kelola Pikiran AGar Tidak Stres

18/12/2023 14:00 - Rahman Hasibuan

Mudah ! Ini Cara Bersihkan Ketombe Basah dan Kering

12/12/2023 00:10 - Baharuddin Kamal

5 Cara Mudah Mengatasi Kecanduan Gadget

11/12/2023 14:21 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA