Tuesday, 27 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Opini

Skoring Debat Capres Ronde Pertama, Siapa Unggul?

Aisyah Isyana - 13/12/2023 00:20

Debat Capres 2024 ronde pertama telah usai digelar (12/12/2023). Serentak diseiarkan langsung stasiun televisi dan disaksikan ratusan juta masyarakat Indonesia. Tentu, siapapun dapat memberikan penilaian masing-masing dengan sudut pandang masing-masing pula. Itulah realitas calon pemimpin Indonesia yang akan dipilih melalui pilpres 2024 nanti.

Setelah menyaksikan selama 120 menit, sebagai rakyat kecil, tentu boleh-boleh saja untuk memberikan skoring terhadap masing-masing capres yang memaparkan visi-misi, saling berdebat, menjawab pertanyaan panelis melalui moderator, hingga closing statement.

Melalui cara pandang subjektif untuk mencoba melihat secara objektif dari Debat Capres ronde pertama dari yatangan TV, saya pun memberanikan diri untuk memberikan skoring versi rakyat kecil seperti saya adalah sebagai berikut di gambar ini:

Tentu, ini hanya skoring sesuai pemahaman yang diperoleh selama berlangsungnya debat capres. Berdasarkan indikator yang bersifat subjektif seperti: visi – misi, kelogisan, sifat realistis, integritas, kelugasan, emosi, percaya diri, efektivitas komunikasi, dan prinsip to the point. Boleh setuju, boleh tidak setuju. Tapi begitulah gambaran awal dari debat capres yang baru saja dilakukan.

Mungkin menarik untuk didiskusikan. Bahwa pada debat capres kali ini masih “diselimuti” persoalan masa lalu diantara capres, sehingga menjadi “peluru” untuk saling mempertanyakan. Sehingga menjadi ujian dalam pengendalian “emosi” saat debat yang disaksikan ratusan juta pasang mata.

Tanpa perlu menyimpulkan, siapa capres terbaik? Ada hal yang patut menjadi acuan untuk debat-debat capres-cawapres mendatang. Bahwa mau topik apapun yang dibahas saat debat, patut diperhatikan 3 (tiga) hal penting yang patut menjadi perhatian dari memilih calon pemimpin. Yaitu 1) pengetahuan, 2) pengalaman, dan 3) perasaan.

Tentang bagaimana ketiga hal tersebut dapat dielaborasi ke dalam jati diri seorang capres-cawapres. Karena di situ, menunjukkan kualitas pemimpin yang akan dipilih masyarakat Indonesia. Selamat memilih! Salam literasi #DebatCapres #Pilpres2024 #Pemilu2024

Syarif Yunus

Dosen Unindra - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) - Konsultan - Mhs S3 MP Unpak - Pendiri TBM Lentera Pustaka




Berita Lainnya

Miris, Negara Agraris Beras Tiris

26/02/2024 11:02 - Rahman Hasibuan

Ikrar Nusa Bakti : Negara Adalah Saya

03/11/2023 15:15 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA