Monday, 26 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Kesehatan

Waspada !! 4 Penyakit mengintai saat Musim Hujan Tiba

Rahman Hasibuan - 09/12/2023 08:01

Beritacenter.COM - Memasuki musim hujan di sejumlah wilayah di Indonesia tubuh kita harus menguatkan sistem imunitas agar terhindar dari penyakit.

Sebab kuman penyakit banyak bertebaran. Akibatnya orang yang menjadi lebih mudah sakit ketika musim hujan.

Apalagi udara lembab dari musim hujan juga bisa memungkinkan terjadinya penyebaran virus dan bakteri melalui udara. Merangkum dari berbagai sumber, berikut penyakit yang sering kali menyerang tubuh saat musim hujan.

1. Diare

Penyakit diare disebabkan oleh berbagai bakteri seperti Bakteri E. Coli, Salmonella, Shigella, dan lainnya. Bakteri tersebut kemungkinan terdapat pada makanan yang sudah terkontaminasi. Penyakit ini biasanya ditandai dengan buang air besar yang encer lebih dari tiga kali dalam sehari.

Untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan cara mencuci tangan dengan sabun di air mengalir serta menjaga kualitas kebersihan makanan yang akan dikonsumsi

2. Flu

Udara yang dingin bisa memicu berbagai penyakit seperti flu. Meski sering dianggap sepele, penyakit ini juga dapat menghambat aktivitas dan mudah menularkan pada orang sekitar. Beberapa gejala yang umumnya ditimbulkan yaitu rasa tidak enak badan, demam, pegal linu, lemas, bersin-bersin dan rasa nyeri pada otot-otot dan sendi.

Beberapa cara untuk mencegahnya bisa dengan istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, sering mencuci tangan serta menggunakan masker.

3. Demam Berdarah

Musim hujan kerap kali memunculkan genangan-genangan air yang dapat menjadi tempat untuk nyamuk Aedes aegypti berkembang biak. Gigitan nyamuk tersebut dapat menyebabkan penyakit demam berdarah. Biasanya gejala yang muncul seperti demam tinggi nyeri otot, sakit kepala, sakit perut, mual, tubuh menjadi sangat lelah, dan ruam kulit.

Tentunya hal ini perlu diwaspadai dan untuk mencegah terjadinya penyakit demam berdarah, maka sebaiknya menutup penampungan air, rajin menguras dan mengganti air, dan jangan menggantung pakaian kotor yang dapat menjadi sarang nyamuk.

4. Penyakit Kulit

Sering kehujanan tapi tidak langsung membersihkan diri? Hati-hati hal ini dapat menimbulkan penyakit kulit seperti kutu air, kadas atau kurap, bahkan jamur pada kuku. Berbagai penyakit tersebut dapat terjadi karena suhu yang lembab dan kuman yang terbawa air.

Bakteri dan kuman dapat berkembang biak sampai akhirnya menyebabkan kulit terasa sangat gatal bahkan bisa terluka. Adapun beberapa yang bisa dilakukan untuk menghindarinya yaitu dengan segera membersihkan diri setelah terkena hujan, memakai pakaian bersih, dan hindari berbagi memakai barang pribadi dengan orang lain.




Berita Lainnya

5 Tips Ampuh Kelola Pikiran AGar Tidak Stres

18/12/2023 14:00 - Rahman Hasibuan

Mudah ! Ini Cara Bersihkan Ketombe Basah dan Kering

12/12/2023 00:10 - Baharuddin Kamal

5 Cara Mudah Mengatasi Kecanduan Gadget

11/12/2023 14:21 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA