Monday, 26 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Nasional

PDIP Minta KPU Taat Aturan soal Format Debat Capres-Cawapres 2024

Lukman Salasi - 07/12/2023 13:13

BeritaCenter.COM - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto berharap KPU taat pada aturan mengenai format debat Capres-Cawapres 2024. Jika memaksakan perubahan di tengah jalan, Hasto menilai KPU seperti tidak independen.

"Ya kita taat pada aturan yang sudah berlaku sebelumnya karena ini sudah menjadi kultur di dalam debat bahwa debat itu dilakukan oleh dua kali capres, dua kali cawapres, dan kemudian satu pasangan. Bahkan di dalam peraturan tiga capres kemudian dua cawapres. itu yang kita ikuti dengan penuh disiplin. ketika aturan berubah di tengah jalan nanti terkesan KPU tidak independen," kata Hasto dikutip, Kamis 7 Desember 2023.

Hasto pun berharap format debat capres-cawapres tetap, tanpa perubahan, mengikuti PKPU yang sudah ditetapkan. Dengan begitu, kata dia, masyarakat nantinya bisa fokus pada gagasan yang disampaikan para capres dan cawapres.

"Ya kami mengharapkan tetap, karna itu peraturan yang sudah ada, sehingga dengan antusiasme masyarakat untuk menunggu seluruh gagasan yang akan disampaikan oleh capres dan cawapres," ucapnya.

"Sebaiknya kita fokus pada narasi yang mau disampaikan, fokus pada karakter pemimpin, fokus pada apa yang dilakukan pemimpin dalam menyelesaikan masalah-masalah rakyat, dan membawa bangsa Indonesia ini ke depan, dengan pemimpin yang memiliki komitmen kerakyatan, pemimpin yang berani memberantas korupsi, pemimpin yang tidak kolusi, tapi pemimpin yang turun ke bawah, melakukan blusukan ke rumah-rumah rakyat," lanjut dia.

Lebih lanjut, Hasto juga mengungkap kesiapan debat Ganjar Pranowo dan Mahfud Md. Dia memastikan keduanya sudah siap.

"Ya debat sudah dipersiapkan apalagi kita lihat pak ganjar selama ini dalam debat-debat di dalam pilgub pertama, pilgub kedua, dan pengalaman sebagai anggota legislatif, terlebih Prof Mahfud dengan pengalaman di tiga lembaga negara, itu menunjukkan kedua pemimpin ini sangat siap, maka kami berharap debat tetap sesuai dengan apa yang tertulis di dalam PKPU. jangan merubah peraturan yang terkait dengan debat ketika proses sudah berjalan," tuturnya.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA