Tuesday, 27 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Nasional

Masyarakat Percayakan Pemberantasan KKN ke Ganjar-Mahfud

Lukman Salasi - 06/12/2023 10:41

BeritaCenter.COM – Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowomenegaskan komitmennya bersama Mahfud MD untuk memberantas Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN). 

“Kemarin waktu kami di Kendari, bapak ibu ada yang bertanya kepada saya, pada saat beliau bertanya ‘Pak sikat KKN’, wah sesuatu yang ternyata memang dirasakan oleh masyarakat. Ini komitmen kami dengan Pak Mahfud,” ucapnya di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (4/12/2023).

Ganjar menjelaskan, selama 10 tahun menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, dia menggunakan tagline ‘Mboten Korupsi Mboten Ngapusi’ yang artinya ‘tidak korupsi dan tidak menipu’.

“Maka, pidato saya begitu terpilih, saya kumpulkan ASN saya, bapak ibu, mulai hari ini tidak ada korupsi, mulai hari ini tidak ada gratifikasi. Mulai hari ini tidak ada jual beli jabatan. Mulai hari ini tidak ada sogok sogokan,” jelas dia.

Selama menduduki kursi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar bilang sudah mencopot sejumlah pejabat yang kedapatan korupsi.

Dia menegaskan tidak pandang bulu, bersama Mahfud MD akan memberantas korupsi di Indonesia, termasuk juga membenahi pendekatan dan kepastian hukum.

Sementara itu, Trubus Rahadiansyah Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti mengatakan, jargon anti korupsi yang digelontorkan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD harus mampu dipertanggung jawabkan.

“Tentu kalau mau program yang baik, dia harus membeberkan cara mencegah korupsi, ada preventif, kuratif, dan penindakan. Misalnya dengan memperkuat lembaga negara untuk pemberantasan korupsi, KPK, mau pun kemitraan dengan lembaga masyarakat anti korupsi. Preventif dengan penguatan pada lembaga anti korupsi, berkolaborasi dengan kampus atau lembaga anti korupsi atau melibatkan masyarakat. Sekarang bisa lewat e-partisipasi. Tapi, kalau konteks kuratif, mereka yang kena korupsi dihukum gantung di Monas. Misalnya, koruptor dianggap sebagai pelanggar HAM dan mereka dikucilkan di pulau terpencil,” paparnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA