Tuesday, 27 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Nasional

Pengamat: Rekam Jejak Ganjar-Mahfud Bisa Kembalikan Wibawa Hukum Indonesia

Lukman Salasi - 06/12/2023 10:13

BeritaCenter.COM - Sekretaris Jenderal Presidium IndonesiaFirman Tendrymengapresiasi komitmen Ganjar Pranowo dan Mahfud MD untuk menyelesaikan persoalan hukum di Indonesia.

Firman yakin dengan rekam jejak paslon nomor urut 3 ini mampu mengembalikan marwah hukum di Indonesia. Menurutnya, publik perlu tahu dan melihat rekam jejak Ganjar-Mahfud.

“Selama ini kita mengetahui betul rekam jejak Pak Mahfud dan Pak Ganjar. Penegakan hukum ini untuk mengembalikan muruah, kehormatan atau wibawa hukum negara,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Firman menggarisbawahi pernyataan Mahfud MD yang berkomitmen melanjutkan kerja Tim Percepatan Reformasi Hukum. Menurutnya, hal itu membuktikan kemauan dan kemampuan Mahfud sebagai sosok yang menguasai bidang hukum.  

“Sejak awal Pak Mahfud berpikiran bagaimana hukum itu mampu ditegakkan saat dia menjabat Menko Polhukam,” ujarnya.

Lebih lanjut, Firman tidak menampik persoalan hukum masih karut marut dan upaya penegakan hukum belum maksimal.

“Saya pikir ketika Pak Mahfud Menko Polhukam saja sudah banyak perubahan yang dilakukan, terlepas hasilnya belum maksimal. Tapi, saya yakin upaya Pak Mahfud untuk menjadikan hukum sebagai panglima dan mewujudkan sistem demokrasi yang lebih baik akan terwujud,” imbuhnya.

Firman menambahkan, persoalan hukum dan kemunduran demokrasi diakibatkan proses yang tidak independen.

“Saya sendiri mengajukan gugatan sampai sekarang. Karena saya melihat ada celah hukum. Sampai saat ini saya masih menggugat KPU, Anwar Usman, Jokowi dan Pratikno, DKPP, pada tahapan awal pemilu ini. Terlepas dari kalah nanti di pengadilan, itu urusan lain. Karena kita mengetahui dalam tahapan pemilu ada kontestannya yang tidak fair,” sebutnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA