Monday, 26 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Politik

Diduga Libatkan Anak-Anak dalam Kampanye, Gibran Terancam Disanksi !

Baharuddin Kamal - 05/12/2023 16:27 Gibran Rakabuming Raka.

Beritacenter.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI akan melakukan penyelidikan terkait kegiatan politik calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka di Jakarta Utara, yang dilaporkan melibatkan anak-anak.

"(Terkait kegiatan) Gibran yang libatkan anak-anak di Jakut, Bawaslu Jakarta Utara sedang melakukan kajian perihal perkara itu," ujar Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu DKI Benny Sabdo kepada Kompas.com, Selasa (5/12/2023).

Kegiatan politik itu diketahui berlangsung di RW 11, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (1/12/2023). Dalam kegiatan tersebut, Gibran memberikan susu dan buku kepada anak-anak serta warga setempat.

Benny menerangkan, berdasarkan penelusuran Bawaslu DKI terkait kegiatan Gibran di Jakarta Utara itu merujuk pada Pasal 280 Ayat 2 huruf K Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Pasal tersebut menegaskan, larangan aktivitas kampanye yang melibatkan anak-anak.

"Pasal 15 huruf A Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menyatakan, tidak boleh ada penyalahgunaan anak-anak untuk kegiatan politik," kata Benny.

Dia menegaskan, pihaknya akan memberikan sanksi kepada Gibran jika hasil penyelidikan membuktikan bahwa kegiatan politiknya melanggar aturan. "Jika aktivitas kampanye Gibran itu terbukti melibatkan anak-anak, maka kita akan memberikan sanksi yang tegas," kata Benny.

Bawaslu DKI sebelumnya juga sedang mendalami kegiatan Gibran di area CFD Sudirman-Thamrin, Minggu. Benny mengatakan, tujuannya untuk memastikan apakah kegiatan Gibran membagikan susu kepada warga di CFD termasuk kategori kampanye atau tidak.

"Terkait peristiwa tersebut, Bawaslu Jakarta Pusat sedang melakukan penelusuran dan pendalaman," ucap Benny, Senin (4/12/2023).

Meski membagi-bagikan susu kotak masuk dalam program Gibran, namun Benny tak bisa memastikan itu masuk kegiatan kampanye. "Masih ditelusuri Bawaslu Jakarta Pusat," kata Benny.

Untuk diketahui, Gibran sendiri telah membantah berkampanye di area car free day Jakarta. "Kan tanpa alat peraga kampanye (APK). Kami kan enggak mengajak untuk mencoblos," celetuk Gibran.

Gibran mengaku hanya membagikan susu di lokasi car free day karena ada banyak warga di sana. Meski demikian, dia sendiri mengakui bahwa pembagian susu merupakan salah satu programnya bersama calon presiden Prabowo Subianto.

"Itu (bagi-bagi susu) kan salah satu program dari kami, kan ada program makan siang gratis dan susu," tutur Gibran.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA