Thursday, 22 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Politik

Anies Baswedan : Indonesia Kembali Alami Proses Sentralisasi

Baharuddin Kamal - 01/12/2023 16:00 Anies Baswedan.

Beritacenter.COM - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengatakan bahwa saat ini Indonesia kembali mengalami proses sentralisasi pemerintahan. Padahal, proses desentralisasi dengan memberlakukan otonomi daerah telah diperjuangkan seiring dengan proses reformasi pada 1998.

“Beberapa waktu ini terjadi resentralisasi, dengan ada revisi-revisi perundang-undangan dan keputusan-keputusan,” ujar Anies dalam diskusi bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Gambir, Jakarta, Jumat (1/12/2023).

Anies turut memberikan contoh praktik sentralisasi itu. Anies menyebutkan, setiap membuat aturan, seorang gubernur harus mendapatkan persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Menurutnya, tujuan dari kebijakan itu sebenarnya baik untuk menyamakan visi pembangunan antara pemerintah pusat dan daerah.“Sesungguhnya itu mau merespons keadaan banyak yang bikin aturan macam-macam karena itu harus dilempengkan,” sebutnya.

“Tapi yang dikerjakan bukan melempengkan, tapi melakukan resentralisasi. Akhirnya apa? Back log, pergubnya sudah keluar baru sekian bulan, minggu kemudian baru (persetujuan pemerintah pusat) itu keluar,” papar dia.

Menurutnya, hal itu memperlambat kinerja Gubernur karena Kemendagri harus mengecek semua peraturan gubernur (pergub) yang ada. Selain itu, kebijakan tersebut bainya berisiko memunculkan pemufakatan jahat.

“Ya bayangkan di sini (pusat) harus menampung seluruh pergub dari seluruh indonesia lalu diverifikasi, diproses, dan potensi hengki pengki di dalam. Potensi. Karena ini kan perubahan peraturan mendadak (terjadi) di ujung,” imbuh dia.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA