Tuesday, 27 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Politik

Mahfud Kampanye Perdana di Sabang, Singgung Perhatian Khusus ke Guru Ngaji

Aisyah Isyana - 28/11/2023 19:22

Beritacenter.COM - Cawapres nomor urut 3, Mahfud Md, menyatakan komitmen untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat kota Sabang, Aceh, melalui program unggulan gaji guru ngaji, tenaga pendidik keagamaan dan marbot.

"Untuk Aceh ini kami ada program Guru Ngaji, karena kami tahu di Aceh ini ada puluhan bahkan ratusan ribu guru-guru ngaji yang mengabdi kepada bangsa dan negara, kepada rakyat untuk mendidik masyarakat," ujar Mahfud dalam kampanye perdananya di Sabang, Aceh, Selasa (28/11/2023).

Dengan populasi muslim terbesar di dunia dan mencapai 240 juta orang, satu juta diantaranya diketahui berprofesi sebagai guru ngaji. Untuk wilayah Banda Aceh saja terdapat 1.500 guru ngaji yang berperan besar pada pembangunan bangsa.

Selama ini, tenaga para pendidik keagamaan dan guru ngaji masih belum mendapatkan apresiasi yang layak. Bahkan, survei Kementerian Agama menunjukkan sekitar 65% dari guru ngaji masih berpendapatan jauh dibawah upah minimum regional (UMR).

"Nanti guru-guru ngaji ini akan kami beri perhatian khusus seperti halnya di daerah-daerah lain ada yang lebih butuh soal kesehatan, lebih butuh alat pertanian, di sini juga tentu sama tetapi program unggulannya di sini adalah untuk para ustaz dan guru ngaji dan mungkin bisa dikembangkan ke marbot-marbot masjid yang sekarang ini memang perlu perhatian," ujar Mahfud.

Tak hanya memperhatikan guru ngaji, paslon capres-cawapres nomor urut 3 juga bakal menggenjit pembangunan fisik, baik rehabilitasi ataupun pembangunan baru guna menunjang pendidikan keagamaan.

"Oleh sebab itu rumah-rumah ibadah kita bangun, kita perbaiki, kita perbanyak," imbuhnya.

Guru ngaji sekaligus imam masjid di Desa Jaboi, Rijal Fahlefi (28), turut mengeluhkan minimnya perhatian secara merata terhadap tenaga pendidik keagamaan dan guru ngaji.

"Kalau perhatian dari pemerintah di bidang agama itu masih sangat kurang sehingga kadang-kadang dapat mengganggu faktor untuk kita belajar. Kepada Pak Ganjar dan Mahfud harus nemberikan perhatian yang lebih kepada guru kampung," ujar Rijal.

Lebih lanjut, dia berharap perancangan paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, yang disebut bakal memberikan insentif guru ngaji dapat direalisasikan secara nyata dan merata.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA