Tuesday, 27 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Teknologi

4 Solusi Ampuh Kembalikan Akun WhatsAPP Web yang Diretas Hacker

Rahman Hasibuan - 28/11/2023 13:30


Beritacenter.COM - Simak cara mengembalikan WhatsApp Web yang diretas orang lain berikut ini, jangan sampai ketinggalan informasinya.

Tidak sedikit pengguna sangat yakin bahwa WhatsApp Web memiliki keamanan sangat tinggi sehingga nihil kemungkinan untuk diretas.

Namun kenyataannya, keyakinan tersebut patut diragukan. Sebab terdapat banyak pengguna WhatsApp Web yang kerap mengalami penyadapan dari orang lain, bahkan yang tidak dikenalinya sekalipun.

Terdapat sejumlah tanda-tanda yang dapat kamu ketahui bahwa WhatsApp Web telah diretas. Beberapa di antaranya adalah sering keluar akun WhatsApp sendiri, terlihat online padahal sedang tidak membuka WhatsApp, kemudian terdapat pesan berupa link mencurigan.

Selain itu juga kamu dapat mengalami tanda-tanda lain seperti mendadak menerima pesan berisi kode OTP, WhatsApp tiba-tiba tidak terdaftar dan keluar sendiri, hingga pesan terkirim tanpa sepengetahuan pengguna.

Nah, bila sejumlah tanda-tanda itu terjadi padamu itu tandanya kamu wajib waspada. Kendati, ada beberapa cara mengembalikan akun WhatsApp Web yang diretas.

Cara mengembalikan WhatsApp Web yang diretas sama seperti cara yang digunakan pada WhatsApp aplikasi pada smartphone, cukup ikuti empat solusinya berikut ini.

1. Instal kembali WhatsApp Web

Solusi pertama yang dapat kamu lakukan adalah tetap tenang dan cobalah untuk uninstal WhatsApp Web pada perangkat, lalu instal kembali seperti langkah-langkah berikut ini:

1. Uninstal WhatsApp Web pada perangkat

2. Instal kembali WhatsApp Web

3. Masuk ke akun WhatsAppWeb

4. Masukkan kode OTP yang dikirim melalu nomor terkait

5. Masukkan PIN verifikasi

6. Jika berhasil masuk, maka hacker otomatis kehilangan akun WhatsApp milikmu di perangkatnya


2. Laporkan ke pihak WhatsApp

Solusi selanjutnya yang bisa langsung kamu lakukan atau cara sebelumnya tidak berhasil adalah melaporkan kepada pihak WhatsApp melalui support@whatsapp.com.

Melalui cara ini kamu dapat mengirimkan pelaporan peretasan dengan mencantumkan 'Lost/Stolen' pada objek email tersebut. Kemudian, jelaskanlah untuk deaktivasi akun WhatsApp pada isi email menggunakan bahasa inggris agar pihak WhatsApp cepat respon.

Ketika berhasil, WhatsApp akan langsung melakukan deaktivasi pada akun kamu dan menghapus secara permanen akun yang dipegang pihak peretas sehingga tidak ada yang bisa mengaksesnya lagi.

3. Mengaktifkan kembali akun WhatsApp

Setelah deaktivasi berhasil dilakukan, kamu bisa mengaktifkan kembali akun WhatsApp dengan nomor yang sama namun email berbeda.

Kamu bisa memohon kepada WhatsApp bila memang ingin menggunakan nomor WhatsApp yang sama. Caranya sama seperti kamu melakukan deaktivasi yaitu membuat laporan melalui email.

4. Mengamankan akun WhatsApp

Setelah itu, barulah kamu dapat mengamankan akun WhatsApp agar tidak terjadi peretasan lagi. Berikut beberapa solusi yang dapat kamu lakukan untuk membuat akun WhatsApp jauh lebih aman

Jangan membagikan OTP kepada siapapun Mengaktifkan fitur two-step verification melalui menu Settings.

Cek perangkat untuk memastikan daftar WhatsApp Web yang tersambung, lalu jangan lupa keluar dari WhatsApp jika selesai digunakan. Jangan membuka link yang mencurigakan

Sekian informasi mengenai cara kembalikan akun WhatsApp yang diretas oleh hacker, selamat mencoba dan jangan lewatkan langkah-langkahnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA