Sunday, 25 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Ekonomi

Bicara ke Milenial-Gen Z, Sri Mulyani : APBN Bukan Sekedar Pajak dan Belanja Negara

Aisyah Isyana - 24/11/2023 17:28

Beritacenter.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrwati menjekan soal Anggara Pendapatan Negera (APBN) ke generasi milenial dan Z. Menurutnya, APBN bukan soal pajak, belanja negera, dan utang. Dia menyebut, keuangan negara itu merupakan instrumen yang kompleks dan mengatur berbagai macam keuangan negara.

"Bagi generasi-generasi muda seperti kalian, milenial dan Z, adalah instrumen yang sangat penting. Kalau saya ngomong APBN, mungkin yang anda ingat, pajak, bicara tentang belanja, mungkin bahkan juga bicara tentang utang," ujar Sri Mulyani dalam acara Indonesia Millenial and Gen-Z Summit 2023 di Senayan Park, Jakarta Selatan, Jumat (24/11/2023).

"APBN sebuah mekanisme instrumen yang luar biasa kompleks, tapi dia adalah instrumen yang luar biasa strategis dan penting," sambungnya.

Dalam hal ini, Sri Mulyani menyebut APBN sebagai instrumen pengelola ekonomi, keuangan, termasuk di dalamnya juga membuka kesempatan. Adapun kesempatan yang dimaksud, yakni salah satunya untuk genarasi muda yang ingin menempuh pendidikan melalui berbagai program.

"Nah salah satu pemihakan kepada generasi muda adalah generasi muda butuh pendidikan. Makanya anggaran pendidikan adalah yang terbesar di dalam APBN kita, anggaran untuk kesehatan karena generasi muda membutuhkan tadi yang disebut mungkin nggak hanya physical health, mental health," jelas dia.

Sri Mulyani mengatakn, anggaran pendidikan yang disalurkan negara untuk berbagai macam program, yakni sebesar Rp660 triliun. Nantinya, dana itu akan digunakan untuk memperbaiki berbagai fasilitas pendidikan kesehatan damn jaring pengaman sosial.

"Ini tujuannya adalah siapapun Anda, dari background apapun, ada di manapun, Anda punya kesempatan yang sama untuk maju. Hanya karena kalian tinggal di daerah atau di pulau yang nggak ada infrastrukturnya, hanya karena anda disabled, atau hanya karena kalian muda. Nggak. Membuat pemerataan itu membutuhkan banyak pemihakan termasuk di dalam APBN," terangnya.

Lebih lanjut, Sri Mulyani turut mengajak generasi milenial dan Z untuk terus memperjuangkan cita-cita mereka dan tak hanya diam saja. Terlebih, anggaran itu diberikan sebagai bagian dari investasi negara untuk anak bangsa. Untuk itu, dia berharap anak-anak muda dapat terus berupaya mensukseskan diri dan bangsa.

"Itu pasti tidak akan membuat kalian sukses, negara Indonesia sukses, nggak akan. Mental entitlement dalam menganggap bahwa negara have to do something for me, then I just wait. Nggak juga, meskipun menganggarkan Rp 660 triliun untuk pendidikan, lebih dari Rp 186 triliun untuk kesehatan, bantuan sosial cukup besar, itu tidak berarti bahwa anda duduk dan menunggu," pungkas dia.




Berita Lainnya

Inilah 5 Cara Hemat Uang Belanja Akhir Tahun

29/12/2023 20:30 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat

HOT MINGGU INI


FOKUS MINGGU INI


BOLA