Monday, 26 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Internasional

Gencatan Senjata Mulai Diberlakukan, Truk-truk Bantuan ke Gaza Mulai Berdatangan

Aisyah Isyana - 24/11/2023 16:22

Beritacenter.COM - Setelah gencatan senjata empat hari berlaku dan diterapkan antara Israel dan Hamas, truk-truk pengangkut barang-barang bantuan terpantau mulai memasuki jalur Gaza. Bantuan ke Gaza itu masuk dari Mesir melalui perbatasan Rafah, Jum'at (24/11).

Dua truk yang mewakili organisasi-organisasi Mesir terlihat dengan tanda spanduk bertuliskan 'Bersama untuk Kemanusiaan'. Sementara truk lainnya memasang spanduk bertulis, 'Untuk Saudara-saudara kami di Gaza, seperti dilansir Reuters dan Al Arabiya, Jumat (24/11/2023).

Sejumlah ambulans juga tampak membawa puluhan warga Palestina yang terluka untuk dibawa menuju Mesir melalui perbatasan Rafah, seperti dilaporkan Al Arabiya.

Laporan Al Arabiya menyebutkan, ada 230 truk yang membawa bantuan yang dibutuhkan masyarakat, dan diperkirakan memasuki Gaza hari ini. Tentunya bantuan-bantuan itu akan sangat berarti bagi warga Palestina yang saat ini tak memiliki persediaan air, makanan, obat-obatan hingga bahan bakar.

Otoritas Mesir sebelumnya menyebut ada 130 ribu liter solar dan empat truk gas yang akan dikirim setiap hari ke Gaza, saat gencatan senjata diberlakukan. Selain itu, akan ada 200 truk bantuan yang akan memasuki Gaza setiap harinya.

Untuk diketahui, gencatan senjata sementara antara Israel dan Hamas telah mulai dilakukan pada hari Jum'at, tepatnya pukul 7 pagi waktu setempat. Ini merupakan jeda pertama dalam perang panas antara Israel dan Hamas yang telah berlangsung hampir 7 minggu tersebut.

Gencatan senjata selama 4 hari ini akan turut melibatkan gencatan senjata komprehensif di wilayah utara dan selatan Gaza, yang turut diikuti dengan pembabasan sandera yang ditawan Hamas selama serangan 7 Oktober di wilayah Israel. Sama halnya juga dengan Israel yang turut membebaskan tahanan Palestina yang sempat mereka penjara.




Berita Lainnya

Israel Layak Disebut Negara Teroris, Ini Alasannya !

15/12/2023 23:59 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA