Monday, 26 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Internasional

Israel soal Gencatan Sejata di Gaza, Singgung Pembebasan Sandera Jum'at Besok

Aisyah Isyana - 23/11/2023 17:32

Beritacenter.COM - Penasihat Keamanan Nasional Israel, Tzachi Hanegbi, menyebut perundingan terkait gencatan senjata dengan Hamas masih berlangsung, Rabu (22/11) malam waktu setempat. Dia juga menegaskan jika tak akan ada sandera yang dibebaskan sebelum hari Jum'at (24/11) waktu setempat.

Kendati begitu, Hanegbi tak menjelaskan secara rinci alasan dibalik penundaan itu, dan kapan gencatan senjata akan dimulai juga masih belum jelas.

"Negosiasi pembebasan tawanan kami mengalami kemajuan dan terus berlanjut," ujar Hanegbi dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor perdana menteri Israel.

Mengutip penjelasan seorang pejabat Israel sebagaimana menurut media penyiaran publik Israel, Kan, disebutkan jika penundaan 24 jam itu terjadi lantaran kesepakatan itu masih belum ditandatangani oleh Hamas dan Qatar, yang mnejadi pihak yang membantu perjanjian itu.

Namun, pejabat itu mengaku tetap optimis jika kesepakatan itu akan diimplementasikan begitu kesepakatan selesai ditandatangani.

Sebelumnya, Kabinet Perang Israel telah sepakat dan menyetujui gencatan senjata selama 4 hari dengan Hamas, Rabu (22/11) waktu setempat. Israel menyebut Hamas akan membebaskan 50 sandera yang ditahan di Gaza, dan sebagai imbalannya Israel juga akan membebaskan 150 perempuan dan anak-anak Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel

Tentunya, kesepakatan itu akan turut membuka akses bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza. Mengingat, kesepakatan gencatan senjata ini sebelumnya juga telah dikonfirmasi kedua belah pihak satu hari sebelumnya, begitu juga oleh Amerika Serikat dan Qatar.

Bahkan, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen 'dengan sepenuh hati' menyambut baik adanya kesepakatan itu. Sementara, Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock menyebut kesepakatan itu sebagai sebuah 'terobosan'.




Berita Lainnya

Israel Layak Disebut Negara Teroris, Ini Alasannya !

15/12/2023 23:59 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA