Thursday, 22 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Nasional

Polri: Tiap Capres-Cawapres Dikawal 74 Personel

Lukman Salasi - 16/11/2023 10:55

BeritaCenter.COM - Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan sebanyak 444 personel Polri dikerahkan untuk memberikan pengamanan khusus para capres dan cawapres di Pilpres 2024.

Menurut Ahmad Ramadhan, iiap capres-cawapres yang sudah resmi ditetapkan KPU dikawal oleh 74 personel anggota polri.

"Dalam rangka mengamankan Pemilu 2024, Polri menggelar Operasi Mantap Brata 2023 2024. Operasi Mantap Brata di tingkat pusat ada 9 satgas. Salah satunya adalah satgas Pam Capres/Cawapres," kata Brigjen Ahmad Ramadhan dikutip, Kamis 16 November 2023.

"Satgas Pam Capres/Cawapres terdiri dari beberapa subsatgas yang memiliki tugas masing-masing," tambahnya.

Ramadhan menjelaskan spri ADC capres/cawapres beserta istri dan perwira penghubung protokol (Pa Bungkol) sebanyak 9 personel.

Lalu, pengamanan dan pengawalan termasuk tenaga medis sebanyak 21 personel. Kemudian, pengawal lantas terdapat 7 personel. Di antaranya 2 motoris dan 2 sedan patwal.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfus Md, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai calon Presiden dan calon Wakil Presiden Pemilu 2024. Usai ditetapkan pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden itu akan diberi pengamanan khusus.

"KPU juga telah melakukan penandatanganan serah terima satuan tugas pam capres cawapres, baru saja dilakukan, berdasarkan Peraturan Presiden tentang pengamanan dan pengawalan capres cawapres," ujar Komisioner KPU RI Mochammad Affiudin dalam konferensi pers di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/11).

Afif menjelaskan Kepolisian akan menyerahkan 444 personel untuk melakukan pengamanan dan pengawalan capres cawapres. Nantinya, kata Afif, masing-masing capres cawapres akan diberi pengawalan khusus.

"Pihak kesatu menyerahkan 444 personel Polri berikut kelengkapan pendukung yang melekat dalam satuan tugas pengamanan dan pengawalan capres cawapres satgas pam capres cawapres pada Pemilu 2024," jelasnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA