Thursday, 22 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Samarinda

Catat ! Ini 6 Buah yang Hanya Tumbuh di Indonesia

Baharuddin Kamal - 15/11/2023 19:36 Buah Matoa.

Beritacenter.COM - Indonesia merupakan negara beriklim tropis dengan kekayaan alam melimpah. Tak heran jika negeri dengan tanahnya yang subur ini banyak tumbuh buah-buahan dari berbagai jenis.

Selain punya tampilan unik, keberadaan buah-buah ini cukup langka. Paslanya, sangat jarang dijumpai di pasaran maupun supermarket sekalipun.

Terdapat lima buah yang hanya tumbuh di Indonesia dengan tampilan unik. Diantaranya yakni :

1. Durian gundul
Buah durian identik dengan kulit buahnya yang tajam berduri, tapi jangan salah, di Nusa Tenggara Barat (NTB) tepatnya di Lombok ada buah durian yang tidak memiliki duri.

Jika dilihat, kulit luar buah durian ini nyaris tanpa duri. Tetapi bagi Anda yang penasaran ingin mencoba durian ini, mungkin akan sedikit sulit karena pohon ini baru berbuah setelah 12 tahun lamanya.

2. Maja
Buah ini merupakan cikal bakal nama kerajaan terbesar di Nusantara, yakni Majapahit. Meski terbilang langka di dunia, namun buah ini cukup mudah ditemukan di Indonesia, karena hidup di iklim tropis dan sub tropis. Meski begitu, jarang orang menyukai buah ini lantaran punya cita rasa pahit.

3. Matoa
Buah matoa berasal dari Papua, namum buah ini juga dapat dijumpai di bagian Timur lainnya seperti Maluku.

Buah matoa memiliki tinggi mencapai 18 meter dan berdiameter 100 cm. Walaupun kulit buah ini cukup keras, tapi rasa di dalamnya sangat segar dan manis menyerupai rasa buah kelengkeng.

Selain dimakan langsung, buah matoa biasanya juga dicampurkan ke dalam rujak buah, dengan buah-buahan lainnya yang disiram dengan bumbu kacang.

4. Buah merah (Kuansu)
Masih dari tanah Papua, buah merah atau Kuansu berasal dari Papua pegunungan. Tampilan buahnya berbentuk lonjong dengan kuncup tertutup daun.

Salah satu fakta menarik dari buah ini adalah dapat menurunkan risiko kanker, karena mempunyai kandungan tokoferol dan betakaroten.

5. Kecapi
Pada zaman dahulu buah ini banyak ditanam oleh orang-orang Betawi. Sampai disebut sebagai buahnya orang Betawi.

Buah kecapi memiliki bentuk bulat dan terdiri dari 2-5 biji besar di dalamnya, dengan rasa yang cenderung manis dan asam.

Tak hanya lezat, buah kecapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan, di mana daging buah kecapi mengandung anti oksidan dan substansi bio aktif flavonoid dalam jumlah yang tinggi.

Di mana bahan-bahan tersebut memiliki nilai nutrisi, yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti jantung koroner dan juga anti kanker.

6. Lobi-Lobi
Lobi-lobi merupakan jenis buah yang cukup mudah ditanam di kawasan tropis, seperti Indonesia.

Bagi Anda yang belum pernah mencoba buah lobi-lobi, rasanya ini cenderung asam. Buah ini sangat cocok untuk dijadikan rujak, manisan, atau asinan.

 




Berita Lainnya

Catat ! Ini 6 Buah yang Hanya Tumbuh di Indonesia

15/11/2023 19:36 - Baharuddin Kamal

Catat ! Ini Manfaat Cangkang Telur Bagi Tanaman

04/10/2023 01:00 - Baharuddin Kamal

Beginilah Cara Membuat "Coklat Stik Cookies"

11/05/2023 01:57 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA