Monday, 26 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Kesehatan

5 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Pada Ulu Hati

Rahman Hasibuan - 14/11/2023 01:00

Beritacenter.COM - Sakit pada ulu hati acap kali terjadi saat kondisi asam lambung naik. Asam lambung yang naik adalah salah satu gangguan sistem pencernaan yang cukup sering terjadi.

Sakit atau nyeri pada ulu hati merupakan rasa sakit pada bagian tengah atas perut yang disertai dengan sensasi panas, mual dan perut kembung.

Meski kerap dikaitkan dengan asam lambung naik, namun sakit pada ulu hati dapat disebabkan juga oleh beberapa kondisi medis, seperti sindrom dispepsia, pankreatitis, irritable bowel syndrome, tukak lambung, hingga kanker lambung.

Selain itu, sakit pada ulu hati juga sering dialami ibu hamil karena perubahan hormon yang membuat katup atau sfingter pembatas kerongkongan dan lambung melemah.

Kondisi ini juga bisa terjadi karena tekanan pada lambung akibat ukuran janin yang membesar, sehingga asam lambung mudah naik ke kerongkongan.

Melansir website resmi SiloamHospital, berikut beberapa cara ampuh untuk mengatasi sakit pada ulu hati.

1. Hindari berbaring setelah makan

Menghindari kebiasaan berbaring setelah makan merupakan cara pertama untuk mengatasi sakit pada ulu hati. Pasalnya, berbaring atau tidur setelah makan dapat memicu asam lambung naik yang memperburuk rasa nyeri ulu hati. Jika ingin berbaring, berilah jeda waktu selama 3 jam setelah mengkonsumsi makanan.

2. Tidak mengonsumsi alkohol berlebih

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat memperburuk rasa sakit pada ulu hati. Sebab, dapat melemahkan kinerja otot saluran pencernaan yang berfungsi untuk mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan. Selain itu, konsumsi kafein dan rokok juga dapat memicu timbulnya rasa sait pada ulu hati.

3. Jaga pola makan

Ketika meerasa nyeri pada ulu hati, maka dianjurkan untuk menjaga pola makan secara teratur, yaitu dengan makan 3 kali sehari. Mengonsumsi makanan sehat dengan tekstur ringan, seperti buah dan sayur, juga sangat penting dalam membantu kerja otot lambung dalam mengolah makanan.

4. Konsumsi obat-obatan

Jika merasa sakit pada ulu hati yang disebabkan oleh asam lambung, kamu dapat mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi rasa sakit, seperti antasida, proton pump inhibitors, dan H-2-receptor antagonists.

5. Mengelola stres

Rasa stress yang dialami sepanjang hari dapat meningkatkan asam lambung serta menurunkan zat protektif pada permukaan lambung. Untuk itu, penting untuk mengelola stres dengan olahraga secara rutin, meditasi, serta menulis jurnal harian.

Nah, demikian beberapa cara mudah dan praktis yang dapat kamu lakukan dalam mengatasi sakit pada ulu hati.




Berita Lainnya

5 Tips Ampuh Kelola Pikiran AGar Tidak Stres

18/12/2023 14:00 - Rahman Hasibuan

Mudah ! Ini Cara Bersihkan Ketombe Basah dan Kering

12/12/2023 00:10 - Baharuddin Kamal

5 Cara Mudah Mengatasi Kecanduan Gadget

11/12/2023 14:21 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA