Friday, 08 Dec 2023
Temukan Kami di :
Ekonomi

Renovasi 4 Stadion Venue Piala Dunia U-17 Telan Biaya Hingga Rp100 Miliar

Aisyah Isyana - 10/11/2023 20:30

Beritacenter.COM - Gelaran Piala Dunia U-17 2023 yang digelar di Indonesia telah resmi di mulai. Laga perdana timnas Indonesia kontra Ekuador, rampung digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, dengan skor akhir 1-1.

Pada gelaran Piala Dunia U-17, Indonesia sebagai tuan rumah telah menyiapkan 4 stadion yang menjadi venue. Ke-empat stadion itu, yakni Stadion Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat (SJH), Stadion Manahan, dan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Sebelum akhirnya digunakan untuk gelaran Piala Dunia U-17 2023, pemerintah sejak berbulan-bulan telah melakukan pembenahan terhadap 4 satdion itu, termasuk Gelora Bung Tomo.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada Agustus lalu menyebut, ke-empat satdion yang digunakan di Piala Dunia U-17 bakal direnovasi dan diperkirakan akan menghabiskan anggran mencapai Rp100 miliar.

"Kan hanya renovasi. Kira-kira nggak lebih dari Rp 100 miliar," kata Basuki, dalam konferensi pers di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Rabu (9/8/2023).

Saat itu, Basuki menyebut renovasi yang dilakukan terhadap empat stadion itu tidak terlalu banyak, lantaran hanya berkisar di perbaikan rumput, ruang pemain, hingga lampu stadion.

Sementara khusus untuk Stadion Bung Tomo, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti sempat menyebut perbaikan-perbaikan yang dilakukan pihaknya hanya bersifat minor saja.

"Kemarin saya ke sana, memang ada perbaikan. Tetapi perbaikan yang tidak mayor, artinya minor," kata Diana, saat ditemui di Indoor Multifunction Stadium (IMS), Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Senin (2/10/2023).

Lebih lanjut, Diana turut merinci perbaikan-perbaikan yang dilakukan di stadion, yakni Ruang VIP, lahan parkiran, tangga, hingga pemeliharaan terhadap rumput lapangan. Proses perbaikan stadion itu akan turut melibatkan Ditjen lain, salah satunya Ditjen Bina Marga PUPR.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA