Sunday, 25 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Ekonomi

Respon Mendag Zulhas soal Ramai Seruan Boikot Produk Pro-Israel

Aisyah Isyana - 09/11/2023 16:44

Beritacenter.COM - Seruan untuk memboikot sejumlah produk yang disebut pro dengan Israel kian mengemuka di kalangan masyarakat. Hal itu tak lepas dari aksi Israel yang hingga kini masih terus menyerang dan menggempur Palestina.

Merespon hal itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut hal itu kembali kepada pilihan masyarakat. Dia turut mempertanyakan apakah hal itu akan membantu, namun kembali keputusan itu menjadi pilihan masyarkat.

"Itu terserah masyarakat, tapi apakah itu membantu ya? Silahkan saja," kata pria yang akrab disapa Zulhas ditemui di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis (9/11/2023).

Kendati begitu, Zulhas menegaskan jika posisi pemerintah saat ini sangat jelas mengecam serangan yang dilakukan Israel di jalur Gaza, Palestina. Menurutnya, serangan demi serangan yang terus dilakukan Israel itu merupakan pelanggaran berat.

Zulhas mengaku dirinya akan mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden. Nantinya, dalam pertemuan itu akan turut dibahas soal sikap barat terkait dengan serangan Israael ke Palestina.

"Tentu ini soal Palestina ini, ini pelanggaran kemanusiaan, pelanggaran berat. Bagi Indonesia, sebagaimana pembukaan undang-undang dasar kita kemerdekaan itulah hak segala bangsa," tegas Zulhas.

"Nah, oleh karena itu kita mengutuk keras. Kita juga mempertanyakan, barat itu dimana? Yang selalu ngomong HAM, ngomong kemanusiaan," sambungnya. .

Untuk diketahui, seruan untuk memboikot produk perusahaan yang pro-Israel kain marak di gaungkan belakangan ini. Bahkan, masyarakat Malaysia disebut telah mulai menggaungkan aksi itu secara terbuka. Masyarakat Malaysia beramai-ramai menggaungkan untuk memboikot sejumlah perusahaan dan produk yang terafiliasi dengan Israel.

Adapun aksi itu dilakukan sebagai wujud dukungan terhadap Palestina. Tak hanya di Malaysia, belakangan media sosial di Indonesia juga tengah ramai dengan postingan ajakan boikot produk pro-Israel. Adapun sejumlah brand atau produk yang digaungkan untuk diboikot, yakni diantaranya Starbucks, McDonald's, KFC, PepsiCo, Netflix hingga Walt Disney.




Berita Lainnya

Inilah 5 Cara Hemat Uang Belanja Akhir Tahun

29/12/2023 20:30 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat

HOT MINGGU INI


FOKUS MINGGU INI


BOLA