Sunday, 25 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Teknologi

OpenAI Pamer Capaian, ChatGPT Kini Punya 100 Juta Pengguna Aktif Mingguan

Aisyah Isyana - 09/11/2023 01:22

Beritacenter.COM - OpenAI menyebut Chatbot yang diotaki kecerdasan buatan/artificial inteligence (AI) besutannya, ChatGPT, kini telah memiliki 100 juta pengguna aktif mingguan.

CEO OpenAI, Sam Altman, mengumukan langsung pencapaian itu dalam konfrensi develper pertama OpenAI yang digelar di San Francisco, Amerika Serikat. Dia bahkan menyebut, ada lebih dari 2 juta developer yang menggunakan ChatGPT, termasuk lebih dari 92% perusahaan fortune 500.

ChatGPT diketahui telah meraup 100 juta pengguna aktif bulanan hanya dalam waktu dua bulan, setelah diluncurkan secara publok sekitar satu tahun lalu. ChatGPT diketahu menjadi salah satu aplikasi internet dengan pertumbuhan paling cepat.

Rekor itu sejauh ini hanya baru dipatahkan oleh Threads, aplikasi pesaing Twitter/X besutan Meta, yang diketahui berhasil mendapatkan 100 juta pengguna hanya dalam waktu seminggu setelah diluncurkan pada Juli 2023 lalu.

Adapun pencapaian itu juga dipamerkan sebagai upaya membatah sejumlah laporan yang menyebut popularitas ChatGPT mulai menurun. Dimana Similarweb pada September lalu mengungkap jumlah kunjungan ke website ChatGPT turun 3,2% pada bulan Agustus, sementara dua bulan sebelumnya juga disebut turun sekitar 10%.

Sementara itu, OpenAI turut mengumkan sejumlah fitur dan layanan AI terbaru besutan mereka. OpenAI memamerkan GPT-4 Turbo, yang merupakan versi dari GPT-4 yang disebut lebih bertenaga namun dengan harga yang lebih murah.

Bahkan, model baru ini disebut memiliki pengetahuan soal informasi dan event-event dunia hingga April 2023, dan dapat membuat teks sepanjang lebih dari 300 halaman dalam satu perintah.

Selain itu, OpenAI juga mengumumkan GPTs, yang merupakan cara bagaru bagi siapa saja yang ingin membuat sistem AI yang dapat bercakap-cakap versi sendiri, seperti dikutip dari TechCrunch, Selasa (7/11/2023).

Tak hanya itu, OpenAOI juga mengumumkan DALL-E 3, model AI yang dapat mengubah teks menjadi gambar, yang kini telah tersedia via API. Dimana sebelumnya model ini sudah tersedia di ChatGPT dan Bing Chat.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

HOT MINGGU INI


FOKUS MINGGU INI


BOLA