Saturday, 24 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Peristiwa

Kata Jimly Assidiqi Belum Pernah Terjadi 9 Hakim MK Dilaporkan ke Komisi Etik MK

Indah Pratiwi - 07/11/2023 21:21

Beritacenter.COM - Atas Putusan Mahkamah Konstitusi ramai diperbincangkan orang yang membuat Presiden Joko Widodo menggunakan politik dinasti atau politik keluarga yang bertentangan dengan sistem demokrasi.

Terlebih Anwar Usman ikut mengambil putusannya, dimana Anwar Usman selaku Ketua Mahkamah Konstitusi memiliki hubungan saudara dengan Presiden Joko Widodo, sedangkan Gibran Rakabuming sebagai anak kandung Presiden Joko Widodo. seharusnya Anwar Usman menarik diri dalam penanganan perkara Gibran Rakabuming.

Atas Putusan Mahkamah Konstitusi terkait syarat menjabat sebagai Wakil Presiden dan ditambah lagi Anwar Usman selaku Ketua Mahkamah Konstitusi yang ada hubungan dengan keluarga Presiden Joko Widodo dirasa tidak adil sampai 9 Hakim Mahkamah Konstitusi digugat ke Komite Etik Mahkamah Konstitusi.

Sampai Jimly Assidiqi menyatakan belum pernah terjadi di Dunia 9 Hakim Mahkamah Konstitusi digugat ke Komisi Etik Mahkamah Konstitusi yang ikut menyidangkan perkara terkait umur 40 tahun atau Kepala Daerah bisa menjadi Wakil Presiden. Ditambah lagi adanya hubungan keluarga Anwar Usman selaku Ketua Mahkamah Konstitusi dengan Presiden Joko Widodo, maka Putusan Mahkamah Kostitusi sangat beraroma politik dinasti atau politik keluarga.

Sekarang Jimly Assidiqi ditunjuk sebagai Ketua Etik Mahkamah Konstitusi untuk menyidangkan atau memeriksa 9 Hakim tersebut untuk lebih mengetahui kesalahannya masing-masing serta menetapkan Putusan Mahkamah Konstitusi tersebut.

Ditunjuknya Jimly Assidiqi sudah tepat dianggap lebih menguasai permasalahan 9 Hakim tersebut, karena Jimly Assidiqi merupakan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi yang dikenal kerjanya baik. Diharapkan hari ini dapat menjatuhkan hukuman yang sifatnya adil kepada 9 Hakim tersebut yang intinya bila salah dinyatakan salah tetapi bila benar dinyatakan benar. Sehingga hukum itu dapat ditegakkan sesuai aturan hukum yang berlaku ditengah-tengah Masyarakat.

Bila hari ini sudah diputuskan Jimly Asidiqi maka semua Hakim yang salah dapat berakibat Putusan Mahkamah Konstitusi sebelumnya dinyatakan tidak sah. Bisa berdampak kepada Gibran Rakabuming atas posisinya sebagai Cawapres Prabowo Subianto yang sudah didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang pada akhirnya tidak bisa mendampingi Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden.

Berharap agar Jimly Assidiqi cepat menyelesaikan perkaranya mengingat masih ada kesempatan untuk membuat Gibran Rakabuming dicoret sebagai Cawapresnya Prabowo oleh KPU.

Untuk mengetahui dapat tidaknya Gibran Rakabuming sebagai Cawapres mendampingi Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden, tetapi jika Gibran Rakabuming tidak bisa menjadi Cawapresnya Prabowo Subianto agar diumumkan dan memberi kesempatan kepada Prabowo Subianto untuk mencari penggantinya sebagai Cawapres Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden.

Sebab ketentuan yang berlaku tidak bisa hanya diikuti Calon Presiden Prabowo Subianto dan harus lengkap Calon Presiden dengan Calon Wakil Presiden.




Berita Lainnya

Geger !! Mayat Pria Ditemukan Membusuk di Indekos

09/02/2024 12:00 - Rahman Hasibuan

Gempa 3,7 Magnitudo Guncang Pangandaran

23/01/2024 11:36 - Rahman Hasibuan

Tragis ! Wanita di Semarang Tewas Dilindas Truk

22/01/2024 22:23 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat

HOT MINGGU INI


FOKUS MINGGU INI


BOLA