Sunday, 25 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Teknologi

NASA Jepret Penampakan Bak 'Tengkorak' Bersinar di Gurun Sahara dari Luar Angkasa

Aisyah Isyana - 04/11/2023 02:22

Beritacenter.COM - NASA membagikan foto bak penampakan menyerupai tengkorak yang terlihat seperti bersinardari angkasa. Foto itu diketahui mengarah ke jantung vulkanik raksasa di Chad.

Gambar ini diketahui diambil oleh seorang astronaut di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), pada 12 Februar, saat pesawat ruang angkasa melintas diatas Tibesti Massif, pengunugan yang membentang melintasi pusat Gurun Sahara melalu Chad dan Libya. Adapun gambar itu baru dilirilis oleh Earth Observatory NASA, pada 31 Oktober lalu.

Adapur penampakan yang menyerupai tengkorak itu diketahui terletak di dasar Trou au Natron, yang juga dikenal sebagai Doon Orei, yakni Kaldera atau Kawah gunung berapi selebar 1.000 meter jejak letusan gunung berapi besar bertahun-bertahun lalu.

Dimana lekukan geologis itu diketahui terletak di sebelah selatan Tarso Tousside, fitur gunung berapi yang lebih besar yang merupakan rumah bagi stratovolcano yang berpotensi aktif.

Penampakan yang menyerupai tengkorak itu terdiri dari mulut yang berwarna putih, hidung dan pipi tengkorak yang dihasilak oleh natron, campuran garam alami dari natrium karbonat dekahidrat, natrium bikarbonat, natrium klorida, dan natrium sulfat.

Sementara area mata dan lubang hidung berbentuk kerucut cinder, bukit berbentuk kerucut curam yang dibangun di sekitar ventilasi vulkanik yang menjulang diatas sisa dasar kaldera.

Adapun area yang lebih gelap dibagian kiri wajah merupakan bayangan yang dihasilkan oleh tepi kawah yang tinggi yang membantu memberikan kesan layaknya tengkorak.

Sejatinya, ini bukan kali pertamanya penampakan bak tengkorak terlihat dari luar angkasa. Citra satelit cuaca pada tahun 2016 lalu menangkap fenomena Badai Matthew, badai tropis kategori 5 yang menewaskan 600 orang di seluruh Karibia. Dimana terlihat dari angkasa jika badai itu tampak seperti puasaran yang berputar-putar dan wujudnya tampak seperti wajah dengan mata merah cerah dan gigi yang menyeramkan.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

HOT MINGGU INI


FOKUS MINGGU INI


BOLA