Monday, 26 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :

MUI soal Israel Tutup Akses ke Masjid Al-Aqsa : Tindakan Itu Bisa Picu Perang Semesta!

Aisyah Isyana - 26/10/2023 08:20

Beritacenter.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) angkat bicara soal penutupan akses ke Masjid Al-Aqsa di Yerusalem yang dilakukan kepolisian Israel hingga mencegah umat Muslim masuk ke kompleks suci tersebut. MUI menilai, pentupan itu dapat memicu perang yang lebih besar.

"Tindakan penutupan masjid Al-Aqsa bisa memicu perang semesta, karena itu tempat suci umat Islam sedunia," ujar Ketua MUI Bidang Fatwa KH Asrorun Niam Sholeh kepada wartawan, Rabu (25/10/2023).

Untuk itu, MUI menilai dunia dapat segera menghentikan tindakan brutal Israel. Tak hanya itu, dia juga menyerukan agar pemerintah dapat mengambil upaya konkrit terkait hal tersebut.

"Pemerintah perlu mengambil langkah lebih tegas dan kongkrit, dalam kapasitas sebagai negara yang memiliki mandat turut serta menjaga ketertiban dunia," jelas Asrorun.

"Mengutuk keras brutalisme Israel terhadap Palestina," lanjutnya.

Selain itu, dia juga meminta agar pemerintah dan pemangku kepentingan juga dapat memastikan akses bantuan kemanusian masuk ke Gaza.

Untuk diketahui, laporan kantor berita Palestina, WAFA dan dilansir Al Arabiya, Rabu (25/10/2023), Wakaf Islam atau organisasi Islam yang ditunjuk Yordania untuk mengelola kompleks suci itu, menyebut kepolisian Israel secara tiba-tiba menutup semua gerbang menuju kompleks suci itu, dan melarang umat Muslim masuk, namun tetap mengizinkan umat Yahudi untuk berdoa disana.

WAFA menyebut langkah terbaru yang dilakukan kepolisian Israel itu jelas telah melanggar status quo yang selama ini telah berlaku untuk kompleks Masjid Al-Aqsa.

Dimana berdasarkan status quo yang mengatur kompleks suci itu, warga non-Muskim bisa berkunjung ke kompleks Masjid Al-Aqsa, namun hanya warga Muslim yang boleh beribadah disana. Namun, beberapa pengunjung Yahudi kerap nekat berdoa disana meski ada larangan yang berlaku.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA