Thursday, 22 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Politik

Mahfud Md : Prabowo dan Gibran Silahkan Daftar, Putusan MK Memperbolehkan

Aisyah Isyana - 24/10/2023 02:12

Beritacenter.COM - Bakal cawapres Mahfud Md menyebut Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutuskan gugatan soal perkara usia capres-cawapres. Setelah hasil gugatan diputuskan, Mahfud mempersilahkan Prabowo dan Gibran untuk mendaftar ke KPU.

"Ya kan sudah diputus, ya sudah. Pak Prabowo dipersilakan untuk terus mendaftar, karena menurut putusan MK boleh 70 tahun," kata Mahfud di kawasan M Bloc, Jakarta Selatan, Senin (23/10/2023).

"Dan Gibran juga boleh karena menurut putusan MK, meskipun belum 40 tahun asal sudah pernah menjadi kepala daerah, tentu boleh. Nah itu kan putusan MK," sambungnya.

Dalam hal ini, Mahfud menyebut putusan MK bersifat mengikat. Dengan adanya putusan itu, Mahfud menyebut baik Prabowo ataupun Gibran dapat maju ke Pilpres 2024.

"Soal itu tepat atau tidak tepat, proses dan mekanisme pengambilan keputusannya, itu soal lain. Tapi putusan MK itu sendiri mengikat dan memperbolehkan keduanya untuk maju berpasangan," terang Mahfud.

Sementara soal perkara ada tidaknya permainan dalam pengambilan putusan itu, Mahfud menyebut sebaikanya hal itu diserahkan ke Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK). Terlepas dari hal itu, Mahfud menyebut putusan itu tetap harus dilaksanakan.

"Soal kecurigaan terhadap hakim yang misalnya ada keterikatan emosional dengan pihak tertentu, kemudian mekanismenya ada permainan di balik meja, ada operasi dari seseorang ke rumah-rumah ibu hakim, istri hakim, dan sebagainya, itu nanti, kita serahkan ke tim majelis kehormatan hakim yang katanya sudah akan dibentuk," jelasnya.

"Tapi putusannya itu sendiri final, bahwa Pak Prabowo umur 70 lebih boleh ikut menjadi capres, Gibran umur 36 dengan pengalaman menjadi kepala daerah juga boleh ikut menjadi pasangan, calon wakil presiden," imbuh dia.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA