Sunday, 25 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Teknologi

Harus Tahu! Jangan Asal Klik 4 Perintah Kata Ini Jika Tak Ingin Rekening-mu Ludes Dibobol

Aisyah Isyana - 23/10/2023 20:24

Beritacenter.COM - Terdapat sejumlah kata yang tak boleh kamu klik sembarangan saat sedang berselancar di internet. Pakar keamanan siber McAfee mengungkap risiko yang dapat terjadi saat kamu asal mengklik perintah kata di internet, salah-salah saldo rekeningmu bisa terkuras.

"Hindari mengunduh file dari sumber yang tidak terpercaya," kata pakar yang tak menyebutkan namanya itu kepada The Sun.

Menurutnya, pop-up dengan tulisan mencurigakan merupakan salah satu yang berbahaya, dan sebaiknya kamu jangan asal meng-klik. "Jangan pernah klik 'Agree','Ok', 'No', atau 'Yes' di pop-up di mana aksi ini bisa memicu pengunduhan otomatis spyware," lanjutnya.

Jika kalian sudah terlanjur meng-klik, selanjutnya yang terjadi penjahat bisa saja mencuri informasi sensitif terkait finansial, username, password, bahkan informasi kartu kredit. Mereka kemudian dapat menggunakan informasi itu untuk membobol rekening korban,

Selain itu, pakar keamanan siber juga menyarankan agar pengguna senantiasa menggunakan browser dengan versi terbaru. Penting juga untuk selalu memperbaharui operating system (OS) jika ada update terbaru.

Tak hanya pop-up, risiko keamanan siber lainnya juga datang dari kemajuan teknologi artificial inteligence (AI). Dimana AI dapat dimanfaatkan untuk meniru orang lain, bahkan berpura-pura untuk menjadi orang lain.

"Ini tentang kejahatan yang dapat dipersonalisasi dalam skala besar. (Penipu) dapat membuat kampanye yang sangat dipersonalisasi untuk ribuan korban yang ditargetkan dibandingkan harus membuat kampanye satu per satu," kata Lisa Palmer, ahli strategi AI untuk perusahaan konsultan AI Leaders.

Menurutnya, pembuatan video dan audio palsu memerlukan sedikit usaha dan waktu untuk membuatnya. Contoh yang mengerikan terjadi baru-baru ini, yakni saat seorang ibu di Arizona mendapat telepon jika anaknya telah diculik dan minta dikirimkan uang tebusan. Hanya saja, ternyata suara itu ternyata bukan berasal dari gadis yang diculik, melainkan hasil program AI yang telah mengkloning suara gadis yang dimaksud.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

HOT MINGGU INI


FOKUS MINGGU INI


BOLA