Thursday, 22 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Internasional

Suarakan Gencatan Senjata, Massa Pro-Palestina Gelar Aksi Demonstrasi di London

Aisyah Isyana - 22/10/2023 16:44

Beritacenter.COM - Aksi demo mendukung kebebasan Palestina digelar ribuan orang di pusat kota London, Inggris. Ribuan massa tampak berbaris melewati ibu kota Inggris dan menyuarakan agar gencatan senjata segera dilakukan di Gaza.

Massa aksi demo sempat berkumpul di Downing Street, kediaman resmi dan kantor Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, sebelum akhirnya bergerak ke London. Dalam aksi demonstrasi itu, sejumlah massa meneriaki 'Bebaskan Palestina', sembari memegang spanduk dan bendera Palestina.

Pihak kepolisian setempat memperkirakan ada sebanyak 100 ribu orang yang ikut serta dalam aksi demonstrasi 'Pawai Nasional untuk Palestina' yang diselenggarakan oleh Kampanye Solidaritas Palestina.

"Sebagai warga Palestina yang ingin kembali ke kampung halamannya suatu hari nanti, sebagai warga Palestina yang memiliki saudara laki-laki dan perempuan di Gaza, serta keluarga, saya berharap kita bisa berbuat lebih banyak, namun protes adalah hal yang bisa kita lakukan saat ini," seorang wanita yang menolak menyebutkan namanya, kepada Reuters.

Sebelum aksi digelar, polisi sempat memperingatkan jika siapapun yang menunjukkan dukungan untuk Hamas, yang merupakan organisasi teroris yang dilarang di Inggris, akan ditangkap. Polisi juga tak akan mentolerir insiden klejahatan rasial.

Meski ebgitu, aksi protes itu sebagian besar berlangsung damai, dan polisi menyebut pihaknya melakukan 10 penangkapan.

Diketahui, angka pada hari Jumat menunjukkan ada peningkatan 1,353% dalam pelanggaran antisemit bulan ini dibandingkan periode yang sama tahun lalu, sementara pelanggaran Islamofobia meningkat 140%.

"Ini merupakan isu yang telah lama membangkitkan semangat dan kita sekarang melihat di media sosial dan komunitas kita, betapa memecah belah dan terpolarisasinya situasi saat ini," kata Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly pada pertemuan puncak perdamaian di Kairo.




Berita Lainnya

Israel Layak Disebut Negara Teroris, Ini Alasannya !

15/12/2023 23:59 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA