Sunday, 25 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Teknologi

Trafik Pengguna Aktif X/Twitter Anjlok Setahun usai Dibeli Elon Musk

Aisyah Isyana - 20/10/2023 02:22

Beritacenter.COM - Trafik dan jumlah pengguna aktif X atau Twitter terpantau terus turun, setelah 1 tahun di beli Elon Musk. Adapun temuan itu berbanding terbalik dengan klaim CEO X, Linda Yaccarino, yang menyebut pengguna X telah mencapai titik tertinggi.

Laporan SimiliarWeb menyebutkan, traffic global menuju X di periode antara September 2022 dan September 2023 terpantau turun. Dimana trafik website global menuju X terpantau turun 14%, sementara di Amerika Serikat bahkan dilaporkan turun 19%.

Selain itu, traffic dari perangkat mobile juga terpantau menunjukkan penurunan. Trafik X di Amerika terpantau turun 17,8% year-over-year berdasarkan jumlah pengguna aktif bulanan di iOS dan Android. Sementara untuk trafik global turun 14,8% di Android.

Sejauh ini, Amerika masih menjadi negara penyumbang trafik terbesar untuk X. Sementara di beberapa negara lainnya, traffic X juga menampakkan penurunan, seperti di Inggris (-11,6%), Prancis (-13,4%), Jerman (-17,9%), dan Australia (-17,5%).

Jika dibandingkan dengan traffic X dalam 9 bulan pertama di tahun 2023 dengan periode yang sama di tahun 2022, SimilarWeb mendapati trafik website X turun 11,6% di Amerika Serikat dan 7% di seluruh dunia. Untuk trafik aplikasi mobile-nya, X juga turun 12,8% dalam periode yang sama di Amerika Serikat.

Meski begitu, ada satu pencapaian yang positif, terlebih setidaknya untuk sang pemilik X Elon Musk. Traffic menuju halaman profil Elon Musk terpantau naik 96% year-over-year pada bulan lalu, seperti dikutip dari TechCrunch, Rabu (18/10/2023).

Selain itu, laporan ini juga mengindikasikan pergeseran tren di platform media sosial. SimilarWeb mendapati traffic web ke 100 platform jejaring sosial dan komunitas online teratas juga terpantau turun pada bulan September. Hanya TikTok yang sejauh ini masih menununjukkan pertumbuhan positif 22,8%.

Selain Twitter/X, trafik web Facebook juga terpantau turun hingga 10,4%. Begitu juga dengan tren di mobile-nya. Dimana jumlah pengguna aktif bulanan X turun 17,8% di September, dibandingkan dengan Facebook dan Instagram yang masing-masing turun 8% dan 3,7%.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

HOT MINGGU INI


FOKUS MINGGU INI


BOLA