Thursday, 22 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Politik

Masuk Top 3 di Survei Cawapres, Sandiaga : Tetap Pimpinan Papol yang Menentukan!

Aisyah Isyana - 09/10/2023 22:16

Beritacenter.COM - Ketua Bappilu PPP, Sandiaga Uno, turut menyinggung soal hasil survei bakal calon wakil presiden (cawapres) yang dirilis Poltracking Indonesia. Menurutnya, surveil hanya sebuah alat untuk, sementara penetapan bakal cawapres ditentukan pimpinan parpol.

"Ya survei ini kan alat ukur, tapi yang menentukan tentu adalah pimpinan partai politik," kata Sandiaga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/10/2023).

Untuk itu, Sandiaga mengaku akan fokus bekerja saja. Dia menyebut saat ini memang waktu yang tepat bagi para pimpinan parpol untuk mengambil keputusan soal cawapres yang diusung, mengingat pendaftaran capres-cawapres kurang dari 10 hari lagi.

"Dan saya fokus pada kerja saya di tengah-tengah masyarakat dan 10 hari ke depan ini akan ada penentuan karena pendaftaran tanggal 19, saya melihat memang ini saatnya para pimpinan partai politik berembuk di antara pimpinan dan mengambil keputusan terbaik bagi NKRI," ujar Sandiaga.

"Alat survei dan lain sebagainya itu adalah alat bantu ukur tapi tentunya banyak pertimbangan-pertimbangan lain. Dan dari pengalaman saya di 2019, penentuan ini selalu di tahap akhir," sambungnya.

Lebih lanjut, Sandiaga mengaku hanya akan banyak berdoa yang terbaik untuk gelaran Pilpres 2024 mendatang. Dia meyakini Pilpres nanti akan berlangsung sejuk dan kondusif.

"Saya belum update tapi saya banyak doa saja karena ini yang terbaik tentunya bagaiamana kita menata kontestasi demokrasi kita yang sudah mendapat apresiasi internasional bahwa proses ini tentunya akan berlangsung sangat sejuk, kondusif, dan dalam 73 hari ke depan tepatnya pada saat kampanye ini kita bisa jaga ritme dari kampanye, strategi kampanye dan lain sebagainya," papar Sandi.

"Agar tidak mengganggu percepatan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi yang sekarang sedang kita rancang. Itu yang kami fokuskan dan khusus untuk PPP sendiri di Bappilu kita fokus pada harga-harga murah," imbuhnya.

Untuk diketahui, pemilih Ganjar Pranowo cenderung memilih Sandiaga sebagai cawapres di survei Poltracking. Sandiaga terpantau unggul 24,9%, disusul Erick Thohir dengan 20,5%.

"Pemilih Ganjar Pranowo masih cenderung kepada Sandiaga Salahuddin Uno dan Erick Thohir," tulis Poltracking.

Hasil survei yang ditampilkan merupakan simulasi 11 nama dengan asumsi nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka masuk ke dalam kandidat cawapres potensial dalam Pilpres 2024 mendatang. Sementara simulasi 10 nama tanpa Gibran Rakabuming.

Berikut hasil survei elektabilitas 11 nama cawapres 2024 potensial versi Poltracking:

1. Erick Thohir: 18,6%
2. Sandiaga Uno: 15,7%
3. Agus Harimurti Yudhyoyono: 10,2%
4. Ridwan Kamil: 9,1%
5. Muhaimin Iskandar: 7,6%
6. Gibran Rakabuming Raka: 7,3%
7. Mahfud Md: 6,6%
8. Khofifah Indar Parawansa: 3,7%
9. Andika Perkasa: 2,9%
10. Puan Maharani: 1,7%
11. Airlangga Hartarto: 1,6%
TT/TJ: 15%

"Dalam simulasi 11 nama calon wakil presiden, Erick Thohir memperoleh angka elektabilitas 18,6%, diikuti Sandiaga Uno 15,7% dan AHY 10,2%," kata Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yuda dalam konferensi pers, Sabtu (7/10).




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA