Thursday, 22 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Politik

Rika Sudjiman : Ganjar Sahabat UMKM

Indah Pratiwi - 09/10/2023 16:39

Beritacenter.COM - Semua rezeki orang sudah tertakar dan tidak akan pernah tertukar. Begitulah quotes teman-teman yang sedang menjalani profesinya masing-masing. Ya rezeki orang memang tidak tahu datangnya dari mana saja, tapi untuk mendapatkannya usaha terus dikerahkan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Seperti halnya lewat UMKM, dari usaha tersebut kemandirian ekonomi makin terbangun. Untuk melanggengkan jalur itu, kehadiran pemimpin menjadi power untuk menembus distribusi secara meluas. Seperti halnya yang dilakukan oleh @ganjarpranowo. belum lama dia purna dari jabatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah, namun jasanya terkenang hingga sekarang. Bahkan program inisiasinya masih banyak yang berjalan hingga hari ini.

Seperti halnya Lapak Ganjar yang sudah menyodorkan hasil besar bagi para pelaku UMKM tanah air. Ya untuk memamerkan karya warganya, Ganjar menjadi brand ambassador yang menawarkan barang lewat media hingga ke stand-stand pameran dan event besar lainnya.

Lalu apa saja yang diperjualelikan di sana? Mulai dari barang, makanan sampai ke jasa. Dan hasilnya jangan ditanya lagi, karena sudah menembus kancah internasional. Mulai dari penjualan gamelan, furniture, produk herbal, kain, tas dan masih banyak lagi. para pelaku UMKM merasa terbantu dnegan kehadran Lapak Gnajar karena branding gratis yang ditawarkan Ganjar itu membuahkan hasil yang manis. Orderan banyak, omzet pun juga naik.

Berkat Ganjar, kegiatan UMKM di Jawa Tengah meningkat pesat drai awal kepemimpinannya. Dari tahun 2013 saja, jumlah UMKM naik hingga 90,99% atau berkisar pada 90.240 unit. Selain itu lewat UMKM, Ganjar juga dapat menurunkan angka pengangguran karena penyerapan kerja meningkat lebih dari 100%. Ya sejumlah 849.835 orang kitab isa mendirikan usahanya sendir berkat dorongan UMKM yang terus digenjot massif Ganjar sejak tahun 2013. Untuk omzet UMKM nya sendiri, pendapatannya sudah mencapai puluhan triliun.

Untuk bisa sampai ke puncak karir UMKM yang pesat, Ganjar juga membantu warganya dnegan menyediakan pinjaman ber-KUR rendah. Dengan begitu tidak memberatkan mereka ketika mengajukan pinjaman untuk memulai usaha. Semua terorganisir dengan sebuah sistem dan program yang diinisiasi Ganjar.

Dari sana mandiri finansial terasa sangat kental, bukan hanya dari satu kalangan saja. Nyatanya banyak kalangan muda juga merintis usahanya sendiri lewat program tersebut, sehingga ruang untuk mengembangkan produk itu besar dan jangkauannya luas. Bukan hanya di dalam negeri tapi sudah go internasional.

Untuk melariskan semua dagangan itu, berbagai event coba digelar Ganjar dalam berbagai moment. Di acara internal daerahnya maupun ke provinsi-provinsi lainnya. hal tersebut dilakukan dengan upaya untuk memperkenalkan produk karya anak bangsa sekaligus memaksimalkan penggunaan barang sendiri daripada harus import dari luar negeri.

Dari perputaran antar produk, warga Jawa Tengah sendiri mendapat penghargaan karena telah menggunakan produk buatan sendiri. Wow, menakjubkan bukan jika melihat runtutan Ganjar mengembangkan usaha warganya. Inovasi untuk membawa keuntungan sebesar-besarnya untuk warga itu besar. Salah satunya lewat UMKM, karena dengan usaha sendiri rasa untuk tidak bergantung pada orang itu tumbuh besar. Rasa untuk semakin melebarkan sayap pun semakin membumbung tinggi, karena pemimpinnya sendiri yang mengawali kiprah itu untuk mereka.

Tidak heran bukan, jika di Jawa Tengah sendiri kita banyak menemukan pelaku UMKM yang sudah sukses dnegan produknya. Begitulah Gnajar membuat kesempatan dan pelunag maju untuk warganya itu besar. Menjadi kepala daerah tidak membuatnya keblinger kekuasaan. Dia tidak mencari celah untuk memperkaya diri, justru sebaliknya dia terus bergerak memutar roda perekonomian untuk mnyejahterakan warganya. Salah satunya dengan mengembangkan UMKM hingga bisa sebesar sekarang dan berkembang terus walau dia sudah tidak lagi menjadbat sebagai gubernurnya Jateng.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA