Thursday, 22 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Politik

Angwar Sanusi: Pemimpin Sejati Beri Bukti, Bukan Janji

Indah Pratiwi - 07/10/2023 12:17

Beritacenter.COM - Kursi panas Universitas Indonesia dilalui @ganjarpranowo selama dua jam dengan mengesankan. Ia menjawab setiap pertanyaan dari panelis, maupun mahasiswa dengan lugas. Pengalamannya sebagai pejabat publik, membuat uraian yang disampaikan Ganjar begitu detail dan mudah dicerna. Sangat jauh dari balutan normatif yang bertabur bunga-bunga janji.

Namun yang membuat aku tercengang adalah respon Ganjar ketika ditanya apakah dirinya petugas partai atau petugas rakyat? Ganjar merespon dengan santai, dengan balik tanya, bagaimana orang itu melihat dirinya selama menjabat gubernur.

Itu adalah jawaban paling gemilang yang pernah aku dengar. Bukan hanya mengejutkan, namun sekaligus juga menyadarkan. Ratusan kilometer jauhnya, tanpa sadar, aku ikut bertepuk tangan.

Jika melihat rekam jejaknya di Jawa Tengah, isu-isu sosial memang menjadi fokus perhatian Ganjar selama ini. Pendidikan, kesehatan, hingga kesejahteraan rakyat, di sanalah konsistensi Ganjar berpijak.

Para elit parpol tidak butuh sekolah gratis. Mereka bisa menyekolahkan anaknya di sekolah yang mahal, berstandar internasional. Tapi Ganjar menciptakan sekolah gratis agar warga kurang mampu juga bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Ganjar sadar, semua orang berhak memiliki masa depan yang baik, salah satunya melalui pendidikan.

Tentu masih banyak program-program Ganjar lainnya yang seluruhnya bermuara pada rakyat. Ganjar sangat jelas memperjuangkan kebijakan-kebijakan yang dianggapnya akan meningkatkan kualitas hidup rakyat, terlepas dari instruksi partai politiknya ataupun tidak.

Ingat, pada Pilkada 2018, suara Ganjar kalah di Brebes, Tegal, dan Kebumen. Tapi Ganjar membuktikan dirinya petugas rakyat dengan tetap memberikan perhatian yang lebih terhadap masyarakat di sana, tidak membeda-bedakan. Bahkan Brebes adalah yang pertama kali merasakan program hunian yang digagas Ganjar: Tuku Lemah Oleh Omah. Kelompok masyarakat pedagang asongan, termasuk sopir merasakan manfaat itu. Belum lagi akses infrastrukturnya yang betul-betul diperhatikan Ganjar, hingga soal penanganan stunting.

Seorang pemimpin sejati memang memberikan bukti, bukan janji. Rasa-rasanya frase petugas partai memang kerap dikonotasikan negatif oleh rival politiknya. Tapi Ganjar tidak mempersoalkan itu. Ia lebih memilih menjawabnya dengan bukti dan kinerja.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA