Thursday, 22 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Peristiwa

Kiki Daliyo: Ganjar Muliakan Disabilitas

Indah Pratiwi - 05/10/2023 16:15

Beritacenter.COM - Pancasila, menjadi fundamental bagi negara Indonesia. Semua nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, musti di indahkan oleh seluruh elemen masyarakat yang menghuni wilayah Indonesia, tanpa terkecuali.

Pancasila harus diamalkan semaksimal mungkin, supaya makna yang termaktub dalam ideologi negara kita berjalan sebagaimana mestinya. Terutama nilai Pancasila yang berbunyi “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab,” dan “Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.”

Seringkali nilai tersebut dilalaikan, bahkan tidak ditunaikan. Padahal hidup di dunia ini kita sesama manusia harus saling menghormati, menghargai satu sama lain, serta bersikap adil. Jangan pernah kita memandang sebelah mata orang lain. Sebab di balik kekurangan, pasti ada kelebihan. Karena sejatinya Tuhan menciptakan umatnya secara adil.

Pun ketika melihat sesama manusia yang memiliki keistimewaan, baik dari segi fisik maupun kognitif. Seyogyanya kita menghargai, menghormati, serta memperlakukan mereka seperti manusia normal, layaknya diri kita sendiri. Jangan sampai terbesit pikiran untuk memandang aneh maupun rendah orang lain, sebab mereka sama seperti kita. Mereka juga memiliki hak untuk tumbuh dan berkembang seperti orang normal pada umumnya.

Dan orang istimewa yang kumaksud tadi adalah teman-teman disabilitas. Melansir dari Kemnko PMK, penyandang disabilitas di Indonesia mencapai 8,5% atau setara dengan 22,97 juta jiwa.

Banyak risiko yang harus di hadapi oleh teman-teman spesial kita ini, mulai risiko sosial ekonomi, terbatasnya akses mendapatkan informasi, minimnya pendidikan dan lapangan pekerjaan, akses kesehatan, dan lain sebagainya. Untuk itulah perlunya membuka mata selebar-lebarnya, jika kepedulian kita kepada mereka akan sangat berarti untuknya. Meskipun itu hanya sebuah perhatian kecil.

Selain dorongan dari masyarakatnya, kehadiran pemimpin juga memberi pengaruh besar pada kehidupan mereka (disabilitas). Sebab pemimpinlah yang akan banyak memberi pengaruh, dalam usaha mengajak rakyatnya agar saling bahu-membahu demi memuliakan teman-teman istimewa kita.

Seperti yang sudah ditunaikan @ganjarpranowo , semasa masih menjadi gubernur Jateng. Selama dua periode mengomandoi Jawa Tengah, Ganjar senantiasa memberikan rangkulan hangatnya untuk masyarakat. Tak terkecuali teman-teman disabilitas, yang sangat membutuhkan belaian dari pemimpinnya.

Sifat pilih kasih, bukanlah pribadinya. Kasih sayang dan cinta tulus Ganjar merata untuk segenap rakyatnya. Bahkan bisa di bilang jika kebijakan Ganjar di Jawa Tengah juga berpihak pada kelompok disabilitas.

Program kesetaraan dan inklusifitas teman-teman difabel terus digempur Ganjar, demi tercapainya pemberian hak yang sama. Dari sini Ganjar telah mengajarkan makna sebuah duduk sama rendah, dan berdiri sama tinggi. Yang berarti, antar sesama manusia kita harus merawat kesejajaran dalam bermartabat, bersikap adil tanpa memandang lemah siapa pun.

Ganjar juga selalu melibatkan penyandang disabilitas di tiap penyelenggaraan Murenbang, serta memberi kesempatan bagi mereka untuk mengutarakan pendapat dan turut andil dalam pengambilan keputusan.

Tak sampai di situ, tingginya animo Ganjar dalam memberikan kesejahteraan untuk kelompok disabilitas sampai membuatnya turun gelanggang, dan ikut berkontribusi dalam pemberdayaan penyandang disabilitas. Seperti keaktifannya dalam mendorong skill yang dimiliki teman-teman istimewa ini, melalui pendampingan dan pelatihan kewirausahaan.

Lewat pendampingan serta pelatihan itulah yang menjadi langkah awal bagi penyandang disabilitas untuk berkarya, dan menghasilkan barang maupun jasanya yang bernilai ekonomi. Begitulah hebatnya Ganjar, tanpa di minta pun ia sudah melakukannya terlebih dahulu.




Berita Lainnya

Geger !! Mayat Pria Ditemukan Membusuk di Indekos

09/02/2024 12:00 - Rahman Hasibuan

Gempa 3,7 Magnitudo Guncang Pangandaran

23/01/2024 11:36 - Rahman Hasibuan

Tragis ! Wanita di Semarang Tewas Dilindas Truk

22/01/2024 22:23 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA