Monday, 26 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Bisnis

Biznet Ngaku Tak Khawatir dengan Kehadiran 'Starlink' Elon Musk di Ritel Indonesia

Aisyah Isyana - 04/10/2023 00:52

Beritacenter.COM - Biznet menyebut pihaknya tak khawatir dengan rencana masuknya Starlink ke pasar ritel Indonesia. Layanan internet milik Elon Musk, Starlink, mencoba peruntungan dengan menyasar business to consumer (B2C) di Indonesia, setelah menjalani usaha skema business to business (B2B).

Sejatinya, kehadiran Starlink menjadi solusi untuk pemerataan akses Iinternet secara instan. Namun disisi lain, keberadaan Starlink juga dinilai bakal mematikan penyedia jasa internet (ISP) lokal.

Menanggapi hal itu, Senior Manager Marketing Consumer Biznet Adrianto Sulistyo menyebut pihaknya tak khawatir, dan tak pernah menial Starlink sebagai ancaman bagi Biznet. Dia bahkan menyebut kehadiran Starlink di Indonesia dapat memberikan keuntungan bagi Indonesia.

"Baik (masuk Indonesia), karena menguntungkan masyarakat Indonesia. Pilihan menjadi semakin lebih banyak, bukan hanya Biznet saja," ujar Adrianto saat sesi wawancara di acara Biznet Anniversary 23 tahun di Jakarta, Selasa, (3/10).

"Kita akan senang sekali karena akan banyak sekali pilihan layanan yang bisa ditawarkan ke masyarakat Indonesia sehingga sesuai dengan visi kami bahwa digital gap itu akan semakin kecil bukan hanya di kota-kota besar saja tetapi di kota kecil," sambungnya.

Meski begitu, dia menyebut jalan Starlink di Indonesia mungkin tak akan mudah dan butuh perjuangan. Dia menilai, Starlink tak mudah untuk tiba-tiba datang dan membawa suatu produk atau inovasi, apalagi langsung menguasai pasar Indonesia.

"Bahkan buat kami di usia 23 tahun ini banyak sekali yang kami lakukan selama ini, banyak yang harus dikondisikan khususnya di kota-kota besar atau di luar kota besar. Misal kota Bandung tidak sama budayanya dengan kota Jakarta," ujarnya.

Lebih lanjut, Adrianto menyebut pihaknya juga tak menutup kemungkinan soal kerjasama dengan Starlink. Menurutnya, hal itu masih terus dikaji pihaknya.

"Kami tidak menutup, tetapi kita lihat saja nanti," ujar Adrianto.




Berita Lainnya

Inilah Produk Israel yang Dijual di Indonesia

07/11/2023 11:00 - Rahman Hasibuan

TikTok Shop Resmi Tutup

04/10/2023 20:00 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA