Saturday, 24 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Peristiwa

Gak Ngaca, Anies Kritik PSN Titipan Kanan-Kiri

Indah Pratiwi - 03/10/2023 19:01

Beritacenter.COM - Anies kembali membuat sebuah statement yang 'kurang ngaca' Dia bilang, Proyek Strategis Nasional (PSN) saat ini perlu diluruskan. Alasannya, PSN yang sekarang dibilang adalah titipan kanan-kiri.

"Dan ketika titipan kanan-kiri, konsekuensinya dirasakan oleh masyarakat. Ini kita kembali perlu luruskan, sehingga apa yang menjadi kebijakan-kebijakan itu mencerminkan tujuan awal," kata Anies.

"Saya beri contoh, suatu ketika saya ditanya tentang PSN, Proyek Strategis Nasional. Saya sampaikan Proyek Strategis Nasional secara substansi baik-baik saja. Yang problem, yang sering kita alami adalah bagaimana PSN itu disusun," kata Anies.

PSN harus disusun secara transparan melibatkan publik. Jika tidak, PSN itu rentan menjadi tidak adil bagi masyarakat. PSN dipahaminya sering dijadikan jalur cepat merealisasikan proyek pemerintah. "Tapi kalau itu tidak dikendalikan dengan baik, PSN ini kemudian menjadi titipan dari kanan-kiri yang masuk tanpa kita ketahui bagaimana proses itu disusun," kata Anies.

Saya jadi teringat dengan TGUPP Anies yang jumlahnya sangat banyak. Hasilnya apa? Kerjanya apa? Apakah itu bukan titipan juga? Apakah itu bukan titipan sana-sini?

Formula E juga banyak yang tak jelas anggarannya? Apakah itu bukan titipan sana-sini?

Bagaimana dengan proyek mubazir jangka pendek Waring Item, Tugu Sepatu, Tugu Peti Mati, instalasi batu gabion, Tugu Sepeda & Tugu Bambu Mesum yang cuma buang-buang uang Apakah itu semua sudah melalui kajian mendalam?

Di saat Jokowi dan Ahok jadi gubernur DKI, kita baru bisa menyadari bahwa Anies kerjanya cuma menjual bacotan. Anggaran besar tapi hasil pembangunan sangat tidak sebanding. Mirip pembangunan sekelas wilayah kabupaten.

Yang penting Anies ngomong beda dulu lah, urusan benar atau tidak, itu urusan belakangan. Intinya gimana caranya dia bisa tampil beda dengan cara menjelek-jelekkan apa yang pemerintah lakukan saat ini. Dia harus paling benar dan hebat.

Di tangan Anies, PSN bisa jadi bakal lebih amburadul dan mangkrak di mana-mana. Nanti ketika dimintai pertanggungjawaban, dia bilang itu bukan mangkrak, tapi peresmian yang tertunda. Sewaktu jadi menteri aja dia sudah tidak becus.

Kalau cuma bersilat lidah, anak kecil juga bisa. Untuk transparan aja Anies kurang sanggup. Ditanya balik, dia malah kabur dan sembunyi, menyuruh orang lain jadi bemper.

Sebaiknya ngaca dulu lah. Omongan Anies memang keren dan enak di dengar telinga. Tapi implementasi kosong melompong. Ibarat kacang yang luarnya montok, tapi isinya kosong, cuma angin doang. Mengibul adalah jalan ninjaku.




Berita Lainnya

Geger !! Mayat Pria Ditemukan Membusuk di Indekos

09/02/2024 12:00 - Rahman Hasibuan

Gempa 3,7 Magnitudo Guncang Pangandaran

23/01/2024 11:36 - Rahman Hasibuan

Tragis ! Wanita di Semarang Tewas Dilindas Truk

22/01/2024 22:23 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat

HOT MINGGU INI


FOKUS MINGGU INI


BOLA