Thursday, 22 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Ekonomi

Intervensi Tingginya Harga Beras, Jokowi Minta Bansos Terus Disalurkan

Aisyah Isyana - 26/09/2023 20:32

Beritacenter.COM - Pemerintah terus melakukan upaya untuk menekan harga beras yang tengah mengalami kenaikan. Salah satunya, dengan cara menyebarkan bantuan sosial (bansos) beras ke 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) selama 3 bulan, mulai September, Oktober dan November.

Kepala Badan Pangan Nasional/ National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar penyaluran bansos terus dilakukan, guna membantu masyarakat berpenghasilan rendah.

"Sesuai arahan Bapak Presiden, upaya intervensi ini harus terus dilakukan untuk menjaga daya beli masyarakat, terutama masyarakat berpendapatan rendah dan menekan laju kenaikan harga beras. Tentunya hal ini akan berdampak pada pengendalian inflasi," ujar Arief dalam keterangan tertulis, Selasa (26/9/2023).

Arief menyebut saat ini bantuan tahap dua telah tersalurhkan sebanyak 120.275 ton, atau sekira 59,89% alokasi bulan September di 38 provinsi. Adapun penyaluran bansos ini telah dilakukan sejak 11 September 2023 hingga 23 September 2023.

"Sehingga diharapkan dapat berfungsi sebagai bantalan yang keberadaannya sangat penting untuk menjaga daya beli masyarakat, khususnya bagi 21,3 juta Kelompok Penerima Manfaat (KPM)," ungkap Arief.

Sebagai upaya menstabilkan harga beras dan antisipasi berlanjutnya kenaikan harga di tingkat konsumen, NFA terus mendorong penyaluran beras SPHP sebanyak 784 ribu ton lewat SIGAP SPHP dan penyaluran cadangan beras pemerintah di Pasar Induk Beras Cipinang dengan target total 4.500 ton dan terus menggencarkan pangan murah di berbagai wilayah.

"Bantuan pangan ini sudah dijalankan sampai dengan tiga bulan ke depan untuk memberikan prioritas kepada saudara saudara kita masyarakat yang memang memerlukan segera bantuan beras," jelas Arief.

"Kemudian gerakan pangan murah ini juga terus dilaksanakan dan di pasar pasar juga digelontorkan baik di PIBC sebagai barometer nasional dan pasar tradisional maupun modern sehingga nanti memberikan alternatif konsumen untuk membeli beras SPHP dengan harga 10.900 per kg," sambungnya.

 




Berita Lainnya

Inilah 5 Cara Hemat Uang Belanja Akhir Tahun

29/12/2023 20:30 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA