Monday, 26 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
News

Pengamat SMRC: Ganjar tak Terlihat Jadi Boneka Siapa Pun

Rahman Hasibuan - 20/09/2023 08:30

Beritacenter.COM - Pengamat Politik dari Saiful Mujani Research dan Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad mengatakan bakal calon Presiden Ganjar Pranowo cukup independen dan bukan pemimpin boneka.

"Ganjar cukup independen. Tidak terlihat dai jadi boneka siapa pun. Bahkan sebelumnya, partainya sendiri terlihat agak kritis pada Ganjar " katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (19/9/2023).

Hal itu juga terlihat rekam jejak Ganjar sleama menjadi Gubernur Jawa Tengah dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Pernyataan Saidiman bisa dirunut dari jejak perjalanan Ganjar. Sebagai Gubernur, Ganjar beberapa kali terlibat perang statmen dengan Ketua DPD PDIP Jateng maupun Ketua DPRD Jateng dari PDIP.

Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto bahkan pernah menyebutkan kata “kemajon” dan “keminter” untuk menunjukkan Ganjar sering melangkahi partai.

Di samping itu, katanya, istilah petugas partai perlu diluruskan. Istilah tersebut sudah dipakai PDI Perjuangan untuk menyebut kader-kadernya yang menduduki jabatan publik. “Joko Widodo juga petugas partai. Dan Jokowi tidak terlihat dikendalikan Megawati,” katanya.

Menurut Saidiman, penggunaan istilah petugas partai lebih sebagai cara PDIP untuk mengingatkan kadernya agar tidak melupakan garis ideologi partai ketika menjabat. “Istilah petugas partai digunakan agar para kader tidak keluar dari benteng ideologis partai ketika menjalankan pemerintahan,” katanya.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo ditanya tentang petugas partai oleh mahasiswa saat memberikan kuliah kebangsaan di Universitas Indonesia. Ganjar menjawab selama 10 tahun jadi gubernur dirinya hanya melayani rakyat, bukan mengedepankan kepentingan partai.

“Kalau Anda riset tentang saya, apa yang saya lakukan apakah saya hanya berpihak pada partai saya, mungkin nyaris Anda tidak menemukan,” kata Ganjar kepada Naufal, Mahasiswa Ilmu Politik FISIP UI, Senin (18/9).




Berita Lainnya

Pesan Haru Alam Ganjar Puji Perjuangan Sang Ayah

15/02/2024 18:38 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA