Friday, 22 Sep 2023
Temukan Kami di :
Politik

Komitmen Ganjar Berantas Korupsi di Indonesia, Janji Perkuat KPK-Revisi Regulasi!

Aisyah Isyana - 20/09/2023 00:20

Beritacenter.COM - Bacapres PDIP, Ganjar Pranowo, menegaskan komitmennya terhadap upaya pemberantasan tindak pidana korupsi di tanah air. Bahkan, Ganjar berjanji akan memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), guna mencegah terjadinya praktik korupsi.

Komitmen Ganjar terkait pemberantasan korupsi itu diungkapkannya dalam acara Mata Najwa dengan tema '3 Bacapres Bicara Gagasan' yang digelar di Universtitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, hari ini, Selasa (19/9/2023).

Awalnya Ganjar mendapat pertanyaan dari Najwa Shihab terkait adanya pendapat jika KPK harus dibubarkan. Menanggapi hal itu, Ganjar mengaku tak sependapat dan menegaskan jika dirinya justru ingin memperkuat lembaga antirasuah itu saat menjadi Presiden nanti.

"Sepakat dikuatkan (lembaga KPK)," kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Selasa (19/9/2023).

Tak hanya bicara soal penguatan KPK, Ganjar juga mengutarakan keinginannya untuk merevisi regulasi terkait KPK. Dengan adanya revisi regulasi, Ganjar berharap KPK dapat menjadi lembaga yang semakin kuat dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Harus saya jawab ketiga kalinya, satu dikuatkan, dua revisi regulasi," ungkap Ganjar.

Dalam hal ini, Ganjar menyebut keinginannya memperkuat lembaga KPK merupakan sikap darinya sebagai calon presiden (capres). Ganjar sengaja menekankan hal itu agar publik dapat mengetahui sikapnya terhadap lembaga antirasuah tersebut.

"Biar semua publik audiens tau sikap saya sebagai Capres. Agar tidak ada confuse, siapa berpendapat siapa yang sedang duduk disini," tegas Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar menyebut praktik korupsi masih terjadi hingga saat ini, lantaran masih adanya pihak yang memanfaatkan regulasi demi memperkaya diri mereka.

"Barangkali kebijakan korup, karena regulasi menguntungkan sebagian dan dijadikan seolah-olah untuk kepentingan bersama, tapi bermain itu hanya beberapa orang saja," tegas Ganjar.

"Atau sistem aturan yang korup dari segi kelembagaannya. Jangan-jangan memang aturannya kurang bagus, atau terakhir praktek yang tiap hari tertolerir. 'Itu sudah biasa kok, gapapa namanya orang kuasa'. Gabisa ini tantangannya," pungkasnya.




Berita Lainnya

Ganjar "Indonesia Lumbung Pangan Dunia, Siap!"

21/09/2023 22:35 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA