Sunday, 10 Dec 2023
Temukan Kami di :
News

Museum Nasional Terbakar Tadi Malam, Repatriasi dari Belanda Dipastikan Aman

Aisyah Isyana - 17/09/2023 12:22

Beritacenter.COM - Gedung A Museum Nasional, Jakarta Pusat, dilalap si jago merah tadi malam. Kebakaran itu menghanguskan sebagian besar koleksi barang replika dari bagian prasejarah. Sementara barang-barang lainnya dilaporkan dalam keadaan aman.

"Sebagian koleksi yang terdampak adalah replika, seperti di bagian prasejarah. Sisanya dipastikan dalam keadaan aman. Kami secara intensif terus melakukan pengukuran dampak dan rencana tindak lanjut," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) Ahmad Mahendra dalam keterangannya, Minggu (17/9/2023).

Pada kesempatan itu, Mahendra memastikan jika repatriasi atau barang bersejarah yang dikembalikan dari Belanda dalam keadaan aman dan tidak terbakar. Menurutnya, sejauh ini pihaknya juga masih mendapat dampak dari kebakaran tersebut.

"Koleksi hasil repatriasi dari Belanda dipastikan tidak terdampak karena disimpan di lokasi yang jauh dari pusat kebakaran," jelas Mahendra.

Lebih lanjut, Mahendra menyebut Museum Nasional Indonesia untuk sementara ini akan ditutup sampai pemberitahuan lebih lanjut. Sementara uang pembelian tiket Museum yang telah dibeli masyarakat akan segera dikembalikan.

"Karena keadaan kahar ini, tiket yang telah dibeli akan dikembalikan. Informasi lebih lanjut mengenai proses pengembalian dana akan disampaikan segera setelah kami memiliki panduan yang lebih jelas," tuturnya.

"Kami mohon pengertian dari masyarakat atas langkah yang kami ambil. Tujuannya adalah untuk memastikan keselamatan dan keamanan pengunjung," imbuhnya.

Untuk diketahui, kebakaran dilaporkan melanda Gedung A Museum Nasional Jakarta. Laporan Suku Dinas Gulkarmat Jakpus menyebut kebakaran itu terjadi sekira pukul 20.00 WIB, sementara waktu pelokalisasian api pukul 20.40, dan waktu pendinginan pukul 21.47 WIB. Proses pemadaman di lokasi kebakaran di Museum Nasional rampung pukul 00.15 WIB.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Satriadi Gunawan menyebutkan kebakaran Museum Nasional diketahui dipicu dari penyejuk udara (AC) yang mengalami letupan hingga menimbulkan api dan kebakaran.

"Ada letupan AC yang mengakibatkan adanya api, terjadi perambatan ke sisi Gedung A1 bagian belakang," kata Satriadi Gunawan.




Berita Lainnya

Akhir Pekan, Cuaca di Jakarta Cerah Berawan

09/12/2023 07:07 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat


BOLA