Monday, 26 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Politik

Survei SMRC Simulasi Capres-Cawapres : Ganjar-RK Teratas 35,4%, Anies-Cak Imin 16,5%

Aisyah Isyana - 15/09/2023 09:58

Beritacenter.COM - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) baru-baru ini merilis hasil survei terbaru terkait simulasi tiga pasangan capres-cawapres. Hasilnya, duet Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil mengungguli duet pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Prabowo Subianto-Erick Thohir.

"Survei menemukan bahwa Ganjar-Ridwan Kamil mendapatkan 35,4 persen. Kemudian Anies-Muhaimin 16,5 persen dan Prabowo-Erick 31,7 persen," tutur Pendiri SMRC Prof Saiful Mujani, dalam keterangan tertulis, Jumat (15/9/2023).

Saiful menyebut pasangan Anies-Cak Imin sejauh ini masih belum memiliki efek yang dapat menaikkan dukungan, meski mereka telah lebih dulu mengumumkan Cak Imin sebagai cawapres pendamping Anies beberapa waktu lalu.

"Walaupun muncul secara mengejutkan, belum punya efek yang menaikkan dukungan yang signifikan pada Anies ketika dia berpasangan dengan Muhaimin," ujar Saiful.

Dalam hal ini, Saiful menyebut presentase itu masih bisa berubah, namun dia menilai Anies-Muhaimin akan relatif stabil dan sulit untuk naik.

"Tentu saja pasangan Ganjar maupun Prabowo bisa berubah. Tapi setidaknya pasangan Anies-Muhaimin kemungkinan relatif stabil," jelasnya.

Untuk diketahui, survei SMRC dilakukan melalui telepon pada 5-8 September 2023, dengan target populasi warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas, atau sudah menikah. Adapun pemilihan sampel dilakukan dengan metode random digit dialing (RDD).

Dimana survei itu dilakukan dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.212 responden, dengan margin of error survei ±2.9 persen, serta tingkat kepercayaan 95 persen.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA