Thursday, 22 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Politik

Said Iqbal Tegaskan Partai Buruh Tak Akan Pernah Dukung Anies

Lukman Salasi - 14/09/2023 10:58

BeritaCenter.COM - Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, menegaskan pihaknya tidak akan pernah mendukung capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan.

Anies awalnya sempat muncul dalam konvensi bakal capres dan cawapres 2024 Partai Buruh. Namun, Partai Buruh mencoret nama Anies Baswedan dari kandidat bakal capres yang akan mereka dukung.

"Keputusannya 11 September 2023 kemarin mengeliminasi Bapak Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024,” kata Said Iqbal dalam keterangannya dikutip, Kamis 14 September 2023.

Kemudian, Said Iqbal mengungkap alasan partainya tidak akan pernah mendukung Anies. Alasan yang pertama yaitu karena juru bicara Anies yaitu Sudirman Said dianggap 'mengobok-obok' Serikat Buruh KSPI dan SPM. Menurutnya, keputusan tersebut hanya diputuskan oleh para elite.

"Tidak berpolitik kecuali FSPMI dan KSPI, hanya dua serikat itu yang secara tegas dalam AD/ART-nya mendirikan Partai Buruh. Jadi di luar itu percaya sama saya, elite nggak bounding ke bawah. Jadi ya pepesan kosong dalam tanda petik tapi tetap menghormati," jelasnya.

Said Iqbal menyebut Partai Buruh tetap yakin dengan keputusan tingkat cabang dan provinsi. Dia menganggap sikap Sudirman Said tersebut memberi pengaruh negatif kepada serikat buruh.

"Oleh karena itu sikap Sudriman Said yang mengobok-obok KSPI rupanya mempengaruhi negatif di internal KSPI dan FSPMI sebagai salah satu unsur Partai Buruh, sehingga dieliminasi ditarik dukungannya. Jadi Anies Baswedan tidak mungkin dipilih oleh Partai Buruh," ungkapnya.

Sebab menurutnya, keputusan yang diambil Partai Buruh harus ditanya kepada akar rumput, bukan elite. Ada 11 organisasi yang mendasari terbentuknya Partai Buruh, yang perlu dilibatkan.

"Sehingga keputusan pertama nama Anies Baswedan tereliminasi, dengan demikian Anies Baswedan tidak akan dipilih oleh Partai Buruh," ucapnya.

Alasan kedua, Said Iqbal mengatakan Anies tidak amanah. Dia menganggap Anies menusuk kawannya dari belakang, bahkan sebelum menjadi presiden.

"Alasan kedua, kawan-kawan berpendapat belum jadi calon presiden aja udah tidak amanah. Seiring sejalan dari berita-berita yang kami dapat, ditusuk dari belakang itu belum jadi presiden apalagi jadi presiden," jelasnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA