Monday, 26 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Ekonomi

Erick Thohir Ingin Garap PLTS di Danau RI, Buka Pintu Investasi dari Energi Terbarukan

Aisyah Isyana - 05/09/2023 20:25

Beritacenter.COM - Menteri BUMN Erick Thohir menyinggung soal energi baru terbarukan yang jadi salah satu sektor potensial yang dapat dikerjasamakan antara negara-negara ASEAN. Erick turut mendorong investasi antar negara ASEAN di sektor tersebut.

Menurutnya, kawasan danau di Indonesia dapat dimanfaatkan untuk menjadi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Erick mengatakan, RI saat ini juga telah menjalin kerja sama dengan Uni Emirat Arab (UAE) untuk menggarap PLTS Terapung Cirata.

Erick mengatakan, dengan kawasan yang lebih besar untuk dimanfaatkan, maka akan terbuka pula peluang investasi yang lebih besar.

"Kalau tadi disampaikan ke Bapak Presiden contoh di kawasan danau-danau sekarang itu bisa menjadi floating daripada solar panel yang sudah kemarin salah satunya berpartner dengan UAE tadinya ada batasan wilayah hanya 5% tetapi sekarang sudah bisa sampai 25%, artinya apa potensi yang kemarin sama Masdar di Cirata itu hanya 130-an, itu bisa menjadi 1 giga watt," jelasnya di sela-sela acara ASEAN-Indo Pacific Forum (AIPF) di Hotel Mulia Jakarta, Selasa (5/9/2023).

"Bayangkan kalau kita danau-danau kita juga menjadi friendly kepada tadi energi terbarukan. Nah investasi besar ini yang kita terbuka," sambungnya.

Lebih lanjut, Erick menyebut investasi di sektor itu perlu didorong lagi. Menurutnya, investasi di sekotro ini akan turut mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"Nah, hal-hal ini yang saya rasa kita masih dorong bahwa kita pastikan tadi pertumbuhan ekonomi tidak terjadi di mana, tetapi yang prioritas di Indonesia. Indonesia menyumbangkan pertumbuhan ekonomi yang ada di Asia Tenggara dan juga dunia," ungkapnya.




Berita Lainnya

Inilah 5 Cara Hemat Uang Belanja Akhir Tahun

29/12/2023 20:30 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA