Thursday, 22 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Ekonomi

Jokowi Minta Dukungan Kenya Muluskan Investasi EBT Pertamina Rp22,9 T

Aisyah Isyana - 21/08/2023 23:28

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap pemerintah Kenya memuluskan investasi Pertamina Group senilai US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 22,9 triliun (kurs Rp15.300). Jokowi menyampaikan langsung hal itu ke Presiden Kenya, William Rutto, dalam kunjuganya ke Nairobi.

Lewat kerjasama dengan BUMN Energi Kenya Geothermal Development Company (GDC), nantinya Pertamina akan masuk ke pengembangan energi di bidang energi terbarukan. Adapun kerjasama ini akan turut menggandeng perusahaan Goma Group.

"Indonesia ingin meningkatkan investasi di Kenya, terutama di sektor energi. Untuk itu saya minta dukungan agar investasi Pertamina dengan Geothermal Development Company senilai US$ 1,5 miliar dan dengan Goma Group dapat segera terealisasi dan diperluas di bidang energi baru terbarukan," ujar Jokowi dalam keterangan pers bersama yang diadakan secara virtual, Senin (21/8/2023).

Dalam kunjungannya ke Nairobi ini, Jokowi menyebut telah menghasilkan kerjasama yang konkret, yakni berbentuk kerjasama antar pemerintah dan 8 kerjasama antar BUMN dan swasta. Untuk itu, Jokowi menyebut pemerintah Kenya dan RI perlu membentuk perjanjian Billateral Investment Treaty (BITs).

"Perlu dibentuk Billateral Investment Treaty antara kedua negara," lanjut Jokowi.

Tak hanya kerjasama bisnis, Jokowi menyebut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga akan bekerjasama dnegan lembaga serupa di Kenya, guna melakukan pengembangan di sektor farmasi dan kesehatan. Bio Farma akan bermitra dengan Generics Africa Limited guna mengembangkan vaksin, obat-obatan, dan produk farmasi lainnya.

Melalui lembaga Indonesia Aid, Jokowi menyebut Indonesia juga akan ikut membantu Kenya dalam mengembangkan bidang kesehatan, ketahanan pangan, hingga penanganan bencana.

"Ke depan ini akan terus ditingkatkan khususnya untuk sektor yang menjadi prioritas Kenya," ujar Jokowi.




Berita Lainnya

Inilah 5 Cara Hemat Uang Belanja Akhir Tahun

29/12/2023 20:30 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA