Monday, 26 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
News

KAI Pastikan Bakal Pecat Oknum Pegawai KAI Jika Terbukti Terlibat Terorisme

Aisyah Isyana - 15/08/2023 20:50

Beritacenter.COM - Tim Densus 88 Antiteror mengamankan pria bernisial DE terduga teroris yang juga pegawai PT Kereta Api Indonesia (Persero). Penangkapan terhadap DE dilakukan petugas lantaran diduga terlibat aksi terorisme dan kedapatan menyimpan banyak senjata.

Pasca adanya penangkapan itu, nasib DE sebagai pegawai KAI pun terancam, Pasalnya, KAI memastikan pihaknya akan memberikan sanksi tegas berupa pemecatan ke DE, jika memang terbukti secara sah dan berkekuatan hukum terlibat aksi terorisme.

"Jika nanti oknum karyawan KAI yang terduga terlibat tindak kejahatan terorisme, secara sah dan berkekuatan hukum tetap melakukan tindakan pelanggaran hukum tersebut, maka manajemen KAI akan mengenakan sanksi berat berupa pemecatan," ungkap VP Public Relations KAI Joni Martinus ketika dihubungi detikcom, Selasa (15/8/2023).

Sejauh ini, Joni menyebut pihaknya masih akan menghargai proses hukum yang tengah berjalan. Dia mengaku akan mendukung semua proses penegakan hukum terhadap DE.

"KAI menghargai proses hukum yang sedang berjalan dan akan mendukung terkait penegakan hukumnya," tegas Joni.

Sebelumnya, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menyebutkan jika DE merupakan juru langsir di stasiun Jakarta Kota. Atas adanya hal itu, dia menyebut PT KAI sejatinya telah berupaya maksimal guna mendeteksi sejak dini pontensi terorisme.

"Kami sudah berupaya maksimal mendeteksi sejak dini melalui kerja sama dengan BNPT, tetapi kemarin ada salah satu pegawai kami juru langsir di stasiun Jakarta kota yang terjerat Densus 88, tentu kami siap koordinasi dan kerja sama," ujar Didiek dilansir dari detikJatim.

Untuk diketahui, juru langsir sebagaimana mengutip dari laman resmi PT KAI, merupakan orang yang bertugas memandu pergerakan rangkaian kereta, gerbong, atau hanya lokomotif untuk berpindah jalur rel. Perpindahan jalur diperlukan guna memishkan atau merangkaikan kereta atau gerbong.




Berita Lainnya

Pesan Haru Alam Ganjar Puji Perjuangan Sang Ayah

15/02/2024 18:38 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA