Monday, 26 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Politik

Jokowi Bilang Pemimpim Harus Berani, Penliti SMRC : Kriteria Itu Ada di Ganjar!

Saya kira arah pembicaraan Jokowi itu cukup jelas, yakni Ganjar Pranowo. Di antara tiga bacapres terpopuler sekarang, kriteria yang dikemukakan oleh Presiden ada pada Ganjar

Aisyah Isyana - 11/08/2023 21:34

Beritacenter.COM - Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menyebut kriteria pemimpin masa depan yang berani dan mampu 'lari maraton' sebagaimana yang disampaikan Presiden Jokowi, jelas ada pada diri Ganjar Pranowo.

"Saya kira arah pembicaraan Jokowi itu cukup jelas, yakni Ganjar Pranowo. Di antara tiga bacapres terpopuler sekarang, kriteria yang dikemukakan oleh Presiden ada pada Ganjar," ujar Saidiman dalam keterangan tertulis, Jumat (11/8/2023).

Menurutnya, analogi Presiden Jokowi untuk pemimpin di masa depan itu sangat tepat, dan sesuai dengan tantangan kebijakan ke depan.

"Maknanya adalah bahwa tantangan kebijakan ke depan sangat konkret, dibutuhkan sebuah stamina yang prima dan pikiran yang jernih untuk menghadapinya," jelas Saidiman.

Dia menyebut, kebijakan yang diambil pemimpin RI di masa depan nanti harus berorientasi pada masa depan yang jauh lebih baik dan untuk kepentingan semua. Jangan sampai kebijakan hanya untuk memenuhi kepentingan temporer dan jangka pendek kelompok tertentu.

"Oleh karena itu, diperlukan seorang calon pemimpin yang bukan hanya teruji, tetapi juga memang biasa berpikir dan bertindak kompleks. Pemimpin yang bisa bicara tentang detail-detail kebijakan dengan segala trade-off-nya, bukan yang sekadar mengumbar slogan," ujar Saidiman.

"Dia (Ganjar) juga merupakan orang terdekat Presiden yang memang terlihat dipersiapkan untuk melanjutkan kebijakan pembangunan Indonesia sekarang dan karakternya mirip dengan Jokowi, tidak sloganistik, melainkan detail dalam membicarakan setiap kebijakan," imbuhnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA